Kesehatan : Memulihkan Tubuh Setelah Berolahraga

Kesehatan : Memulihkan Tubuh Setelah Berolahraga
Kesehatan - Habis olahraga kok malah terasa pegal-pegal? Ladies, pernahkah Anda mendapat pengalaman yang tak menyenangkan seperti itu? Olahraga memang seharusnya bisa membuat tubuh terasa lebih sehat dan segar, tapi ketika tubuh Anda malah terasa pegal setelah berolahraga, bisa jadi itu karena Anda tidak memulihkan tubuh Anda dengan baik.

Berikut ini ada empat cara yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan tubuh setelah olahraga. Check this out!

    Minum Teh Hijau
    Teh hijau mengandung katekin yaitu anti oksidan yang bisa mengurangi risiko terserang penyakit jantung dan kanker. Selain itu teh hijau juga memiliki fungsi untuk mengurangi risiko terkena kerusakan otot akibat olahraga yang intens. Anda bisa minum teh hijau dingin sebelum berolahraga untuk membuat tubuh lebih berenergi atau meminumnya setelah berolahraga untuk melemaskan otot-otot yang kaku.

    Mandi Air Es

    Para atlet atau orang yang berolahraga secara intens biasanya perlu mandi dengan air es. Tujuannya adalah untuk meredakan bengkak setelah Anda melakukan olahraga berat dan memaksa otot-otot tubuh Anda untuk bekerja keras. Jika ada bagian-bagian tubuh tertentu yang mengalami kram atau nyeri, Anda bisa membuat kompres dengan air es untuk meredakannya.

    Mengonsumsi Makanan Anti Radang
    Salah mengonsumsi makanan bisa menghilangkan manfaat dari olahraga yang baru Anda lakukan. Hindari konsumsi makanan olahan, instan, atau makanan cepat saji. Alternatifnya adalah konsumsilah makanan yang memiliki kandungan anti radang seperti buah ceri, nanas, pepaya, bayam, apel, kacang kenari, kacang almond, jahe, makanan yang mengandung asam lemak omega 3, paprika merah, asam, blueberry, dan anggur. Dalam rentang waktu satu jam setelah berolahraga, usahakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat yang cukup agar otot-otot kaku tubuh Anda bisa kembali normal.

    Proses Pendinginan

    Jika sebelum olahraga disarankan untuk melakukan pemanasan, maka setelah olahraga Anda perlu melakukan pendinginan. Di sepuluh menit usai olahraga, Anda perlu melakukan pendinginan dengan melemaskan otot-otot tubuh Anda secara perlahan. Tujuannya adalah untuk mencegah penggembungan darah atau penggumpalan darah.

Jangan lupa untuk selalu mengembalikan cairan tubuh setelah berolahraga. Anda bisa minum air kelapa atau air putih biasa untuk mengganti elektrolit yang dibutuhkan tubuh usai olahraga. Get a proper recovery after workout and get a healthier body.

Berikut Artikel Kesehatan Lainnya