Kesehatan : Nutrisi Penting Untuk Hepatitis C

Kesehatan : Nutrisi Penting Untuk Hepatitis C
Kesehatan - Ladies, jika Anda yang kebetulan memiliki anggota keluarga yang mengalami penyakit hati seperti hepatitis C, Anda juga harus memperhatikan makanan atau asupan nutrisi untuk masa penyembuhan mereka atau agar penyakit tidak bertambah buruk. Nah, apa saja kira-kira makanan yang baik untuk penderita hepatitis C?

Seperti dikutip dari www.everydayhealth.com, makanan seperti berikut ini sangat bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan penderita hepatitis C, terutama untuk masa penyembuhan, antara lain adalah

1. Sumber makanan kaya protein rendah lemak
Makanan kaya protein rendah lemak bisa berupa kacang-kacangan seperti kedelai, kacang hijau, biji gandum, kacang merah dan oats. Meski dulu penderita hepatitis sering dilarang makan makanan kaya protein, namun sekarang mereka disarankan untuk makan makanan berprotein untuk menjaga aliran darah lancar dan mencegah retensi cairan tubuh.

2. Karbohidrat kompleks

Banyak sekali makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, namun untuk hepatitis C, Anda harus banyak makan makanan dengan karbohidrat kompleks, seperti buah, sayur dan biji-bijian.

Hati yang mengalami penyakit hepatitis C mengalami kelemahan menyimpan gula sehingga Anda perlu banyak makan karbohidrat sehat sekaligus juga memberi tubuh asupan vitamin dan mineral penting untuk membantu penyembuhan hepatitis.

3. Hindari makanan asin
Makanan yang banyak garam, atau terlalu asin, bisa sangat tidak baik untuk hepatitis C karena bisa menyebabkan retensi cairan tubuh. Retensi cairan adalah efek umum penyakit hati.

Apalagi garam bisa menyebabkan pengentalan darah, sehingga menyulitkan darah mengalir dengan baik ke seluruh tubuh. Jadi Anda juga harus diet makanan bergaram untuk mendapatkan kesehatan hati lebih cepat.

4. Minum air lebih banyak
Jika Anda mengalami penyakit hati, salah satu saran yang paling umum untuk Anda lakukan adalah banyak minum air putih. Anda paling tidak harus minum 6-8 gelas penuh air putih per hari untuk mencegah retensi cairan dan menggelontor racun di dalam tubuh.

Minuman sehat lain yang juga bisa dimasukkan dalam daftar diet Anda adalah susu tanpa lemak, jus buah dan teh herbal. Sesekali minum kopi pahit juga boleh, namun jangan terlalu sering. 

5. Makan dalam porsi kecil namun sering
Kehilangan nafsu makan seringkali menyerang Anda yang sedang hepatitis C. Namun Anda perlu banyak makan makanan bergizi untuk cepat sembuh, jadi biasakan makan dalam porsi kecil namun sering setiap hari. Tidak harus makanan berat, Anda juga bisa menyelingi dengan cemilan buah atau biji-bijian saja.

Jadi, ikuti tips di atas dan semoga cepat sembuh ya Ladies.


Artikel Kesehatan Lainnya...