Kesehatan : Apa itu Anosmia

Kesehatan : Apa itu Anosmia
Kesehatan - Ladies, Anda mungkin pernah melihat sinetron atau film yang menceritakan tokoh utamanya menderita penyakit tertentu seperti misalnya hilangnya indra perasa. Namun ada juga lho penyakit yang menjadikan Anda kehilangan penciuman, disebut dengan anosmia.

Seperti dikutip www.mayoclinic.org, kondisi kehilangan penciuman merupakan hal yang jarang terjadi, namun jika terjadi, efeknya bisa sangat serius. Kehilangan penciuman bahkan bisa menyebabkan orang yang menderita mengalami stress atau depresi, kehilangan keinginan makan, dan penurunan berat badan yang tidak sehat.

Anda mungkin pernah mengalami kehilangan penciuman karena flu, namun hal itu hanya berlangsung sementara dan penciuman Anda kembali normal saat pilek sudah sembuh. Penyebab kondisi anosmia ini bisa dikarenakan oleh iritasi permanen atau adanya kerusakan selaput lendir yang melapisi bagian dalam hidung Anda.

Iritasi ini bisa dikarenakan adanya sinusitis atau infeksi sinus, pilek, alergi debu atau serbuk, Influenza berkepanjangan, dan rhinitis nonallergic atau bersin-bersin tanpa adanya reaksi alergi. Namun banyak juga penyebab lain yang bisa memicu melemahnya atau hilangnya kemampuan penciuman, seperti penuaan, pernah mengalami operasi pada otak, cedera otak, adanya penyakit tumor otak, Alzeimer, Parkinson, pengaruh obat-obatan dan lain sebagainya.

Anda bisa memeriksakan ke dokter untuk lebih jelasnya dan mendapat diagnosa yang tepat. Risiko kehilangan penciuman ini juga meningkat ketika Anda berusia lebih dari 60 tahun. Jadi, mulailah hidup sehat mulai sekarang ladies.


Artikel Kesehatan Lainnya...