Kesehatan : Sinar Matahari Bisa Turunkan Hipertensi

Kesehatan : Sinar Matahari Bisa Turunkan Hipertensi
Kesehatan - Banyak orang sekarang mengalami berbagai macam penyakit, salah satunya yang sering dialami adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tekanan darah seringkali sangat mengganggu dan memicu banyak penyakit yang bisa membahayakan kesehatan bahkan nyawa, baik itu tekanan darah tinggi, maupun tekanan darah rendah.

Nah, jika Anda ingin mendapatkan tubuh yang sehat, maka Anda juga harus menjaga tekanan darah normal dan stabil sehingga tubuh tidak terserang penyakit. Nah, seperti dikutip dari news.health.com, salah satu cara agar Anda bisa menurunkan tekanan darah secara alami adalah terkena sinar matahari.

Bagaimana bisa? Sebuah penelitian menemukan bahwa sinar matahari, yang mengandung vitamin D merupakan salah satu obat alami penurun tekanan darah. Karena oksida nitrat yang disimpan di lapisan atas kulit bereaksi terhadap sinar matahari dan menyebabkan pembuluh darah memperluas pembuluh dan mempermudah pergerakan aliran darah. Hal inilah yang kemudian berpengaruh pada proses penurunan tekanan darah.

Selama ini tidak ada yang menduga bahwa kulit ternyata juga memiliki peran penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan bisa memperlancar peredaran darah. Bahkan paparan ultraviolet yang sehat mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Diketahui bahwa efek ultraviolet memiliki pengaruh turunnya tekanan darah antara 2-5 mmHg.

Meski itu memang rendah, namun rutin memberi waktu tubuh berjemur paling tidak 30 menit pagi hari akan memberikan efek yang lebih besar, selain Anda juga mendapatkan udara bersih dan asupan oksigen yang lebih banyak sehingga mengurangi stress dan berfungsi sebagai detoks tubuh.

Sinar matahari juga kuat kaitannya terhadap kanker kulit. Jika Anda mendapatkan paparan yang cukup, tidak berlebihan atau dalam porsi yang sehat, hal ini mampu mencegah kanker kulit. Tentu saja sinar matahari paling baik adalah pagi hari hingga jam 9 pagi.

Jadi, mulailah lakukan yoga 30 menit atau jogging pagi hari untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan tubuh lebih bugar ya Ladies.


Artikel  Kesehatan menarik lainnya