Kesehatan : Cara Mencegah Gejala Pneumonia

Kesehatan : Cara Mencegah Gejala Pneumonia
Kesehatan - Kehidupan di kota seringkali sangat susah, karena polusi udara di mana mana. Bukan hanya polusi asap kendaraan, namun juga polusi asap rokok dan industri menambah parah kualitas udara yang ada di sekitar Anda. Hal ini perlu diwaspadai karena bisa saja hal ini meningkatkan risiko Anda terserang pneumonia.

berdasarkan www.everydayhealth.com, Pnumonia sendiri, merupakan salah satu infeksi yang menyebabkan peradangan di paru-paru. Meski memang bisa diobati dengan baik, namun pneumonia bisa sangat susah dan mengancam jiwa kita terutama untuk anak kecil, orang lanjut usia dan mereka yang memiliki gangguan kesehatan kronis lainnya.

Paru-paru bisa dikategorikan organ vital yang jika terinfeksi, bisa sangat mengganggu aktivitas dan kehidupan Anda secara keseluruhan karena dari organ itulah Anda menggantungkan nafas Anda. Jika Anda kebetulan memiliki penyakit lain yang juga berbahaya atau penyakit bawaan yang sering kambuh, pneumonia menjadi dua kali lipat lebih serius yang perlu ditangani.

Gejala yang bisa dilihat dan dirasakan seperti misalnya batuk-batuk, demam, kelelahan dan mual. Namun gejala ini juga bisa terjadi pada beberapa penyakit lain. Jadi satu hal yang perlu Anda lakukan sebelum terkena pneumonia adalah mencegahnya. 

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit pneumonia adalah seperti menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar. Mulai dari kebiasaan kecil seperti rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin atau batuk dan memakai masker ketika berada di area berpolusi.

Tidak merokok juga merupakan salah satu cara yang sangat baik menjaga tubuh tetap sehat, terutama kanker paru-paru. Jadi, sebelum penyakit menyerang anda, lebih baik anda  sadar akan kebersihan dan kesehatan paru-paru mulai mulai dari sekarang ya.