Kesehatan : Mengapa Batuk Anda Lebih Parah Saat Malam Hari



Kesehatan - ketika anda terinfeksi virus dan mengalami batuk, maka tidak heran jika tenggorokan terasa sangat gatal dan ingin digaruk. Namun tentu saja Anda tidak bisa melakukannya, dan rasa gatal itu biasanya akan menjadi parah pada saat malam hari. Hal ini akan sangat mengganggu waktu tidur Anda, apalagi jika Anda sudah sangat mengantuk.

Berdasarkan www.everydayhealth.com, ada beberapa alasan mengapa batuk menjadi semakin parah dan sangat gatal ketika malam hari tepat saat Anda ingin tidur, antara lain adalah



Gravitasi
Penyebab terbesar mengapa batuk menjadi sangat parah ketika tengah malam adalah karena adanya gravitasi. Ketika Anda berbaring, secara refleks gastroesofagus bergerak menolak karena terdapat lendir yang menumpuk. Anda jadi lebih tersengal-sengal ketika batuk dan terasa sangat gatal dan sesak di malam hari. Untuk mengatasinya, coba tidur dengan menopang leher Anda lebih tinggi.

 
Ruangan tertutup dengan udara kering

Jika Anda tidur, biasanya berada di dalam ruangan tertutup bukan? Jangan menyalakan AC karena menyebabkan udara menjadi kering. Udara kering akan membuat batuk lebih parah. Daripada menyalakan AC, lebih baik nyalakan humidifier atau alat uap untuk membuat udara di dalam kamar lembab. Untuk menenangkan batuk dan melegakan pernapasan, pilih aromaterapi agar memudahkan Anda tidur.

 
Membantu membersihkan sistem pernapasan

Batuk adalah salah satu cara alami agar sistem pernapasan Anda bersih dari lendir yang menumpuk dan segala zat sisa yang mengendap di dalam saluran pernapasan. Jadi, batuk sebenarnya berperan menjaga tenggorokan dan saluran udara di dalam tubuh lebih bersih. Mungkin memang menjengkelkan, namun pahami bahwa tubuh Anda juga perlu waktu untuk membersihkan diri.
 

Untuk menghindari batuk yang parah di malam hari, Anda bisa mengatasinya dengan banyak minum air sebelum tidur dan minum obat sebelum tidur.

Artikel kesehatan lainnya...