Kesehatan : 6 Aktivitas yang menyehatkan saat di kantor

Kesehatan : 6 Aktivitas yang menyehatkan saat di kantor
Kesehatan - Mari kita terima fakta yang tidak menyenangkan ini: bekerja di kantor dengan menatap layar komputer berjam-jam bisa membuat mata kering dan mengganggu kesehatan mata. Belum lagi dengan konsep open office (sistem ruang kerja tanpa sekat atau kubikel) yang ternyata bisa menghambat kreativitas para pegawainya.

Tapi tak perlu khawatir, ada kabar gembira untuk Anda semua. Seperti yang dilansir oleh mic.com, ada enam hal yang bisa kita lakukan untuk membuat kegiatan ngantor lebih menyenangkan dan menyehatkan. Check this out!

    Duduk Dekat Jendela
 
Bekerja di kantor yang tertutup dan jauh dari jendela di mana tidak bisa mendapatkan sinar matahari bisa memangkas jam tidur kita sebanyak 46 menit. Mungkin ini hal yang sepele, tapi kehilangan empat jam waktu tidur selama seminggu atau 48 jam per bulan atau 600 jam per tahun bisa mengganggu kesehatan badan Anda. Anda bekerja di sebuah kubikel tertutup? Setidaknya dapatkan cahaya matahari saat Anda menikmati makan siang di luar ruangan.

    Istirahatkan Mata Anda
 Menatap layar komputer (termasuk layar ponsel Anda) bisa membuat mata kering dan mengganggu kesehatan mata Anda. Tapi kalau bekerja seharian di balik komputer? Cobalah untuk mengistirahatkan mata Anda selama beberapa menit sekali (bisa 10 menit istirahat setiap 50 menit menatap layar komputer) dengan memusatkan perhatian pada satu hal dalam jarak pandang yang jauh. Hindari juga posisi yang terlalu berdekatan dengan pendingin ruangan. Dan, satu lagi, jangan lupa untuk berkedip.

    Bangun dan Berdirilah

Duduk terlalu lama bisa memberikan dampak jangka panjang yang buruk untuk kesehatan Anda seperti penyakit jantung dan diabetes. Sementara dampak jangka pendek yang bisa Anda dapatkan saat duduk terlalu lama adalah otot yang kaku dan tegang. Cobalah untuk bangun dari tempat duduk Anda dan jalan kaki meski hanya untuk pergi ke toilet atau mengambil air minum. Dengan begitu, otak, mata, dan jantung Anda akan berterima kasih pada Anda.

    Cari Tempat Tenang untuk Berpikir

Disadari atau tidak, bekerja di ruangan yang terlalu ramai akan membuat Anda kesulitan untuk bekerja dan bisa membuat Anda merasa lebih tertekan. Ketika psikolog dari Cornell University bernama Gary Evans dan Dana Johnson meneliti para pekerja kantoran yang bekerja dalam suasana ribut selama tiga jam, mereka menemukan adanya peningkatan hormon stres adrenalin dalam darah para pekerja kantoran tersebut.
   
 Hargai Privasi Anda
Meskipun Anda bekerja di kantor dengan berada bersama beberapa orang dalam ruangan, usahakan Anda tetap bisa mendapatkan privasi Anda. Memenuhi kebutuhan privasi Anda bisa membuat Anda lebih bahagia sekaligus membuat pekerjaan lebih efisien.
  
  Letakkan Tanaman
Tina Cade seorang hortikulturis dari Texas University dalam penelitiannya tentang dampak tanaman dalam kantor terhadap kesehatan para pegawai menunjukkan bahwa sejumlah tanaman dalam kantor bisa membuat pegawai merasa lebih bahagia. Tanaman juga bisa menyerap polusi berbahaya yang ada dalam ruangan, seperti partikel cari, logam, tanah, dan debu yang masuk ke dalam tenggorokan hingga ke paru-paru.

Anda perlu melakukan perubahan tersebut dari diri Anda sendiri. Kegiatan ngantor tak seharusnya membuat Anda tertekan jika Anda tahu bagaimana cara menyiasatinya


Artikel Kesehatan Lainnya....