Kesehatan : bahan Alami Sembuhkan Derita Sinusitis

Kesehatan : bahan Alami Sembuhkan  Derita Sinusitis
Kesehatan - Ladies, terkadang perubahan musim bisa menyebabkan Anda mengalami beberapa gangguan pernapasan, salah satunya adalah sinusitis. Ini adalah kondisi peradangan pada sinus. Sinus bisa berubah akut yang berlangsung kurang dari empat minggu dan berubah kronis yang berlangsung selama lebih dari empat minggu.

Pada suatu kondisi, sinus bisa terinfeksi bakteri, virus atau jamur, sehingga menyebabkan sinusitis menyakitkan. Seringkali dokter akan memberikan obat infeksi sinusitis berupa antihistamin, obat penghilang rasa sakit atau analgesik dan antipiretik untuk demam. Namun jangan lupa bahwa ada juga pengobatan alami yang juga seringkali manjur mengatasi sinusitis.

Seperti dikutip dari www.stylecraze.com, ada beberapa cara yang bisa Anda coba di rumah untuk mengobati sinusitis, antara lain adalah

1. Teh

Jika Anda menderita sinusitis, salah satu pengobatan alami yang bisa diterapkan adalah minum teh hangat. Uap hangat yang timbul dari air teh yang panas akan melegakan hidung dan mengurangi infeksi sinus. Anda bisa memilih semua jenis teh, mulai teh hitam, putih atau hijau.

Beberapa bahan alami lain seperti jahe, lemon, bubuk kayu manis, daun thyme dan sereh yang memiliki efek menghangatkan juga bisa diseduh dan diminum setiap hari. Jika Anda suka, juga bisa menambahkan bawang putih mentah tumbuk ke dalam teh untuk lebih efektif.

2. Minum air
Menjaga tubuh tetap terhidrasi  dengan minum air putih juga sangat baik mengurangi derita sinusitis. Manfaat tubuh tetap lembab dengan minum air hangat, mandi uap atau air hangat juga akan menyembuhkan infeksi sinus. Hindari kopi dan alkohol karena akan memberikan efek buruk pada sinusitis dengan mengeringkan tenggorokan dan hidung. 

3. Steam uap ruangan
Anda juga bisa membeli alat uap ruangan yang portable atau bisa dipasang di mana saja dan diisi dengan aroma terapi apa pun. Untuk sinusitis, Anda bisa mengisi dengan minyak kayu putih, minyak thyme, mint atau yang lainnya yang bisa menghangatkan tubuh dan melegakan hidung.

4. Vitamin D

Vitamin D, khususnya D3 memiliki sifat menghambat perkembangan infeksi, termasuk infeksi sinus. Tambahkan beberapa makanan yang mengandung vitamin D dan pergilah pagi hari untuk mendapatkan sinar matahari yang sehat. Ini akan memberikan asupan vitamin D yang baik untuk mengurangi penderitaan sinusitis.

Itu dia beberapa pilihan pengobatan alternatif untuk bisa menyembuhkan sinusitis. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan rumah dari debu, asap rokok, deodorant, hairspray, dan bulu hewan ya Ladies agar sinusitis tidak bertambah parah.   


Artikel Kesehatan Lainnya....