kesehatan : Alasan Mengonsumsi Buah Rambutan

 kesehatan : Alasan Mengonsumsi Buah Rambutan
Kesehatan - Buah rambutan adalah buah asli dari Indonesia dan Malaysia. nama rambutan sendiri berasal dari bahasa Melayu yang artinya berambut. Seperti yang dilansir oleh letsgohealthy.com, rambutan sangat kaya akan zat besi, yang diperlukan untuk mengontrol kadar oksigen dalam tubuh. Zat besi membantu mencegah kelelahan dan pusing yang disebabkan oleh anemia. Selain itu, daging buah rambutan juga memenuhi 4,3 persen kebutuhan fosfor harian tubuh. Fosfor membantu menyaring limbah dalam ginjal, serta diperlukan untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan semua jaringan dan sel.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh berbagai lembaga dan ahli kesehatan menunjukkan bahwa rambutan memiliki manfaat dan kandungan yang serupa dengan jeruk dan apel. Di dalam buah terdapat banyak senyawa penting seperti vitamin C, zat besi, fosfor, protein dan karbohidrat, serta semua zat yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Buah rambutan dikenal sebagai buah yang sangat rendah lemak. Sebagian besar kalori dari rambutan berasal dari karbohidrat. Institute of Medicine merekomendasikan 130 gram rambutan untuk konsumsi harian Anda.

dengan berbagai kandungan tadi buah rambutan memiliki manfaat kesehatan antara lain:

1. Anti Kanker

Rambutan mengandung antioksidan. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Chiang Mai di Thailand menemukan bahwa buah, biji dan kulit rambutan memiliki antioksidan kuat yang disebut flavonoid. Beberapa jenis flavonoid dipercaya dapat mengurangi kolesterol, obat anti-kanker dan anti-inflamasi atau pembengkakan.

2. Penangkal Radikal Bebas

Salah satu senyawa dalam kulit rambutan adalah asam Galia. Senyawa ini bertindak penangkal radikal bebas karena membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif. Ini juga menjadi salah satu pencegah kanker.

3. Kaya Vitamin C


Rambutan kaya vitamin C. Jika seseorang mengkonsumsi 10 sampai 12 buah rambutan, maka dia mengonsumsi 75-90 mg asam askorbat, lebih dari dua kali jumlah yang disarankan dalam menu sehari-hari. Selain berfungsi sebagai anti-oksidan, vitamin C juga dapat mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi.

4. Pembentukan Sel Darah


Buah manis ini juga memiliki sejumlah kecil tembaga. Zat ini dibutuhkan sebagai pembentuk sel darah putih dan sel darah merah. Selain itu, rambutan juga mengandung zat besi yang dapat mencegah terjadinya anemia.

5. Pencernaan Sehat

Rambutan juga memiliki serat yang dapat membantu Anda untuk terhindar dari sembelit. Selain itu, rambutan juga dapat membunuh parasit dalam usus dan membantu meringankan gejala diare.

Wah ternyata buah khas dari negara kita ini benar-benar mengandung banyak manfaat ya Ladies. Saat musim rambutan alangkah baiknya untuk segera mengonsumsinya untuk mendapatkan manfaat sehatnya.



Baca Artikel Menarik Lainnya..

0 Response to " kesehatan : Alasan Mengonsumsi Buah Rambutan"

Posting Komentar