Kesehatan : Cara Alami Mengobati Tinnitus

Kesehatan : Cara Alami Mengobati Tinnitus
Kesehatan - Ladies, telinga merupakan salah satu indera yang sangat penting untuk kehidupan. Jika tidak ada telinga, hidup akan sunyi karena Anda tidak bisa mendengar apa-apa. Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga kesehatan telinga. Jangan sampai Anda menyesal setelah terkena tinnitus.

Penyakit tinnitus merupakan penyakit umum yang cukup sering menyerang telinga dan tidak ada obat medis khusus untuk menyembuhkan tinnitus. Mungkin Anda akan diberi saran-saran oleh dokter dan minum obat yang umum digunakan untuk penyakit ringan.

Penyebab tinnitus sebagian besar adalah karena mendengarkan suara yang keras dalam jangka waktu lama.Ini bisa terjadi karena Anda menggunakan earphone terlalu sering, lama dan dengan volume keras. Hal ini juga dapat terjadi karena cedera pada ujung syaraf dan infeksi telinga, penumpukan kotoran telinga, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi tinnitus, berdasarkan www.stylecraze.com, Anda bisa menggunakan cara alami berikut ini

1. Pisang

Pisang adalah obat alami untuk meredakan tinnitus, karena dapat membersihkan telinga dan mengurangi suara dering dan dengung. Anda bisa makan pisang 3 kali sehari selam seminggu untuk memperbaiki kondisi tinnitus.

Anda juga bisa makan buah lain yang cukup keras dan membutuhkan banyak mengunyah seperti apel, pir dan nanas yang akan membantu meningkatkan sirkulasi darah ke telinga, dan membantu meringankan gejala tinnitus.

2. Sari cuka apel

Cuka apel juga sangat baik meredakan peradangan pada tinnitus karena bersifat anti-inflamasi. Konsumsi cuka apel juga akan meredakan infeksi, jadi seduh cuka apel setengah cangkir dengan air hangat dan minum 2 kali sehari.

3. Oregano
Tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan Italia ini ternyata juga merupakan obat alami yang bersifat antivirus, anti-inflamasi, dan antibakteri. Mengonsumsi oregano, dengan cara menyeduhnya dalam cangkir selama 15 menit dan meminumnya akan memberikan efek meredakan bengkak atau radang pada tinnitus sekaligus membunuh bakteri dalam telinga.

4. Minyak kelapa, minyak bawang putih, minyak wijen atau minyak jarak

Beberapa minyak yang sudah disebut di atas adalah minyak yang banyak mengandung nutrisi dan antioksidan. Jadi, Anda bisa meneteskannya ke dalam lubang telinga atau mengoles dengan cotton bath dan biarkan untuk mengurangi gejala tinnitus seperti dengung.

5. Daun kemangi

Dau kemangi bukan hanya lezat dijadikan lalapan, namun juga memiliki khasiat mengurangi gejala tinnitus. Cukup ambil segenggam daun kemangi dan hancurkan hingga halus. Kemudian saring dengan sedikit air, dan air ekstrak daun kemangi bisa diteteskan ke dalam rongga telinga.

Akan lebih baik lagi jika Anda juga menghentikan kebiasaan penyebab tinnitus seperti mendengar musik keras di earphone dalam jangka waktu lama. Jika tidur, pastikan tidak ada suara yang mengganggu dan jangan mendengar musik apa pun karena telinga juga butuh istirahat.


Artikel Kesehatan Menarik Lainnya...