Kesehatan : Manfaat Tidur Bagi Kesehatan Pencernaan

Kesehatan : Manfaat Tidur Bagi Kesehatan Pencernaan
Kesehatan - Tidur merupakan kebutuhan yang tak boleh diabaikan. Rutinitas yang satu ini bisa membantu kita lebih segar dan mengembalikan stamina.Gaya hidup modern seringkali membuat kita mengurangi jam tidur bahkan tidak tidur semalaman.

Salah satu fungsi tidur adalah melancarkan sistem di dalam tubuh, karena tubuh kita terdiri dari beberapa sistem yang berkesinambungan. Salah satunya adalah pencernaan. Manfaat tidur bagi pencernaan antara lain adalah:
  1. Tidur bisa memberi waktu bagi pencernaan untuk membersihkan diri. Karena dalam masa tidur terjadi proses detoksifikasi alami oleh tubuh. Setelah bangun pagi, biasanya perut akan membunyikan alarm untuk segera mengeluarkan sisa makanan dan racun.
  2. Tidur juga bisa membantu mengeluarkan gas dalam tubuh. Saat perut kembung di malam hari, setelah tidur keesokan harinya perut jadi lebih mudah untuk membuang gas yang membuat perut tidak nyaman tersebut.
  3. Pencernaan lebih stabil dan lancar karena metabolisme berjalan dengan baik. Saat tubuh kurang istirahat, kemungkinan bisa mengganggu jalannya satu atau lebih sistem tubuh kita. Sehingga kadang terjadi ketimpangan kesehatan seperti mudah maag, diare, susah BAB dan sejenisnya.
  4. Saat stres berkurang setelah tidur, resiko terkena asam lambung tinggi, diare dan infeksi pencernaan cenderung menurun. Istirahat teratur bisa menurunkan stres yang menjadi akar berbagai penyakit pencernaan termasuk kanker dan kencing manis.
  5. Dengan tidur secara rutin dan cukup waktunya, penyerapan nutrisi makanan oleh tubuh juga jadi lebih optimal. Asalkan juga didukung dengan cara makan yang benar seperti mengunyah makanan hingga lumat sebanyak 32 kali.

Tidur juga merupakan sarana yang menyenangkan untuk melepas lelah. Jadi, jangan lewatkan rutinitas tidur Anda agar tubuh lebih rileks dan semangat kembali keesokan harinya. 


Artikel Kesehatan Menarik Lainnya...