Kesehatan : cara Menghentikan Cegukan Pada Bayi

Kesehatan : cara Menghentikan Cegukan Pada Bayi
Kesehatan - Saat bayi atau anak kecil mengalami cegukan, mitosnya adalah bayi atau anak tersebut akan tumbuh semakin besar. Sehingga, banyak yang mengabaikan dan menganggap sepele dari cegukan yang dialami anak mereka. Untuk mengatasinya pun, biasanya hanya dengan menahan nafas beberapa detik. Padahal, saat bayi Anda mengalami cegukan sebenarnya itu adalah hal yang normal dan wajar, asal cegukan tidak mengganggu aktivitasnya, seperti tidur dan makan.

Nah Ladies, ini dia tips hentikan cegukan pada bayi yang perlu Anda ketahui, dilansir dari MeetDoctor.com:
Menyusui bayi. Inilah cara pertama yang mesti Anda coba saat bayi mengalami cegukan. Menyusui akan membuat diafragma bayi lebih rileks.
  •  Mengubah posisi menyusui. Salah posisi saat menyusui bisa membuat bayi cegukan dikarenakan bayi tanpa sengaja bayi menelan terlalu banyak udara. Maka, saat menyusui, pastikan posisi bayi tidak melintang datar. Selain itu, usahakan perlekatan sempurna agar mulut bayi tidak mudah terlepas dari puting ibu.
  • Sandarkan bayi. Jika bayi masih cegukan, maka lebih baik hentikan kegiatan menyusui terlebih dahulu. Lalu, sandarkan bayi di dada Anda dengan leher bayi berada di atas bahu Anda. Kemudian, tepuk punggungnya secara perlahan agar udara yang tertahan bisa
  • terdorong ke atas dan bayi bersendawa.
  • Makan secara teratur. Jika bayi sudah berusia di atas enam bulan, berilah makanan kepada bayi sedikit demi sedikit dengan perlahan untuk mencegah cegukan.