Kesehatan : Waktu Yang Tepat Untuk Minum Kopi

Kesehatan : Waktu Yang Tepat Untuk Minum Kopi
Kesehatan - Pernah bertanya-tanya kapan saat yang tepat untuk minum kopi? Benarkah pagi hari adalah waktu terbaik untuk minum kopi? Apakah Anda pernah punya pengalaman minum kopi untuk menghilangkan rasa ngantuk tetapi tidak berhasil?

Sebuah konsep bernama kronofarmakologi bisa menjadi konsep yang menjawab semua pertanyaan Anda di atas. Dilansir dari fastcodesign.com, kronofarmakologi dapat diartikan sebagai studi interaksi antara ritme biologis dan reaksi obat. Salah satu ritme biologis yang paling pentinng adalah jam sirkadian. Dalam kurun waktu 24 jam, perilaku dan fisiologi Anda bisa berubah dengan berbagai macam cara termasuk bisa mengubah banyak kandungan dalam obat-obatan yang Anda konsumsi.

" Sebagian besar dari kita biasanya sangat butuh dan menikmati segelas kopi hangat pada pukul 8 pagi. Tapi apakah itu adalah waktu terbaik untuk menikmati kopi? Jika Anda 'bertanya' pada ritme sirkadian Anda, jawabannya adalah sebaiknya tidak minum kopi pada pukul  8 pagi."


Toleransi terhadap obat, dalam bahasan kali ini adalah kafein, harus benar-benar kita perhatikan. Jadi, ketika Anda mengonsumsi kafein pada saat konsentrasi kortisol di darah sedang tinggi-tingginya, Anda sebaiknya mengurngkan niat Anda untuk mnium kopi

Produksi kortisol sangat erat kaitannya dengan tingkat kewaspadaan Anda. Dan ternyata produksi kortisol itu (dalam kurun waktu 24 jam) biasanya tinggi pada pukul 8-9 pagi. Jadi minum kopi pada pukul 8-9 akan menjadi kurang efektif.

Satu dari prinsip dasar dalam farmakologi adalah kita baru perlu menggunakan obat saat kita memang benar-benar membutuhkannya. Meskipun di sisi lain sejumlah ilmuwan masih berpendapat bahwa kafein akan selalu dibutuhkan.

Saat yang paling tepat untuk menikmati segelas kopi bisa bervariasi. Di pagi hari, Anda bisa menikmati segelas kopi mulai dari pukul 9.30 hingga 11.30. Pada rentang waktu tersebut, level kortisol Anda sedang turun.

Level kortisol Anda juga (pada umumnya) akan naik lagi di siang hari mulai dari pukul 12.00 hingga 13.00 dan antara pukul 17.30 hingga 18.30. Jadi sebaiknya hindari mengonsumsi kafein atau minum kopi pada jam-jam tersebut.



Artikel Kesehatan Menarik Lainnya ...