Kesehatan : Tips Mengatasi Payudara Gatal

Kesehatan : Tips Mengatasi Payudara Gatal
Kesehatan -  Saat gatal di kulit rasanya pasti gemas untuk menggaruk, Tapi, menggaruk kulit yang gatal, di manapun areanya, sebenarnya kurang direkomendasikan. Apalagi kalau gatal di daerah bukit kembar alias si boobs.
Kenapa ya payudara kita bisa gatal? Ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya, Ladies. Seperti di bawah ini.

  • Gatal iritasi yang bisa disebabkan pakaian dalam. Misalnya bra berenda, bra pengap atau bekas bra yang mengecap di tubuh akibat terlalu ketat dan menyebabkan gatal.
  • Gatal iritasi karena keringat dan kelembaban lainnya. Misalnya biang keringat atau lotion yang lengket. Penggunaan wewangian dan zat lembab lain yang tidak cocok bagi kulit. Bisa juga karena kuman dan infeksi.
  • Gatal karena kulit kering. Biasanya terjadi di area puncak si kembar dan sekitarnya. Bisa jadi karena kulit kering akibat penggunaan bedak anti gatal atau faktor cuaca.
sekarang  sudah tahu kan kenapa payudara bisa gatal, Bagaimana cara mengatasinya?
  1.  Kalau Anda mengalami gatal, pasti ingin menggaruknya kan? Untuk mengantisipasi hal itu, gunakan punggung tangan untuk menggosok lembut. Metode menggaruk ini lebih nyaman dan aman.
  2. Berikutnya untuk pertolongan pertama, seka payudara Anda dengan air bersih. Bersihkan dengan sabun dan bilas. Keringkan dengan handuk lembut. Sebaiknya lakukan di malam hari agar Anda bisa membiarkan payudara tidak menggunakan bra sebelum tidur.
  3. Bila perlu, gunakan salep anti gatal atau salep anti kulit kering khusus untuk payudara. Namun, harus sesuai anjuran dokter. Karena tidak sembarangan salep bisa digunakan.
  4. Sementara, bila tidak diperlukan, hindari penggunaan bedak, bra berenda, pakaian terlalu ketat atau apapun yang rentan memicu gatal berlebih. Lakukan sampai kondisi payudara terasa normal kembali,
Menggaruk bisa menyebabkan pengikisan lapisan kulit secara kasar. Hal ini bisa menyebabkan payudara kemerahan bahkan terluka. Lakukan tips di atas bila payudara Anda mulai sering gatal dan tidak nyaman. Bila terjadi gejala yang janggal, segera periksakan ke dokter. Sayangi payudara Anda, Ladies. Stay healthy and fresh.

Artikel Kesehatan Lainnya