kesehatan : Cara sehat Stop Kolesterol dan Cegah Batu Empedu

kesehatan : Cara sehat Stop Kolesterol dan Cegah Batu Empedu
Kesehatan - Batu empedu memang merupakan penyakit yang jarang terjadi, dan baru menimbulkan gejala ketika sudah parah. Namun mengapa Anda harus menunggu terjadi penyumbatan di dalam kantung empedu dulu jika Anda bisa mencegahnya dari awal?

Karena penyebab paling besar penyakit ini adalah kolesterol tinggi dan pengendapan kolesterol di dalam kantung empedu, maka untuk mencegah batu empedu terbentuk, seperti dikutip dari www.stylecraze.com, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa bahan segar yang mudah didapat di rumah, seperti

1. Kunyit

Tanaman obat yang sangat manjur mengobati segala penyakit ini juga bisa mencegah terbentuknya batu empedu. Ini karena kunyit juga mampu menurunkan kolesterol tinggi dengan cara menetralisir racun dan melancarkan peredaran darah. Anda cukup minum kunyit tumbuk dengan segelas kecil air dan madu setiap hari untuk mendapatkan khasiatnya.

2. Wortel, buah bit dan mentimun
Campuran antara buah bit, wortel dan mentimun yang di jus jadi satu adalah obat alami untuk menghindari batu empedu. Selain karena kaya antioksidan, juga memilki kandungan vitamin dan mineral yang akan membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Anda bisa minum jus ini sehari sekali.

3. Minum air putih

Sangat penting membersihkan tubuh dengan cara banyak minum air putih. Air akan meluruhkan segala sampah dan racun yang kemudian akan dibuang lewat urin dan keringat. Dengan minum air yang cukup per hari, Anda bisa secara alami menurunkan kolesterol dan memaksimalkan pengubahan lemak menjadi energi.

4. Makanan kaya vitamin C
Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang ada di setiap buah dan sayur atau suplemen makanan. Fungsi antioksidan adalah menangkal radikal bebas, efek radiasi dan mengembalikan keremajaan sel-sel dalam tubuh. Bukan hanya itu, jika ingin menurunkan dan menjaga kadar kolesterol dalam darah, tidak diragukan lagi Anda juga membutuhkan vitamin C sebagai antioksidan.

5. Diet sehat
Diet sehat tentu saja juga harus diikutsertakan dalam daftar mencegah terbentuknya batu empedu.  Jangan ragu membatasi makanan gorengan, berlemak, bersantan dan makanan yang melalui proses pemasakan berulang.

Untuk menurunkan kolesterol, serat makanan juga dibutuhkan dengan banyak makan buah dan sayur. Konsumsi daging juga dibutuhkan, namun jangan berlebihan dan buang semua lemak yang menempel pada daging ayam, kambing dan sapi.

Jadi, sudah siap hidup lebih sehat dan mencegah segala penyakit termasuk batu empedu Ladies? Menjaga kesehatan selalu lebih baik daripada mengobati, bukan?


Artikel kesehatan lainnya...