Kesehatan : Makan Di restoran Bikin Gemuk

Kesehatan : Makan Di restoran Bikin Gemuk
Kesehatan - Jika Anda bertanya pada wanita-wanita yang bertubuh langsing (bahkan setelah punya anak dan anak mereka sudah dewasa), mereka biasanya punya satu rahasia, masak sendiri dan jarang makan 'di luar'. Rahasia itu ada benarnya, karena sebuah penelitian terbaru menujukkan bahwa mereka yang sering makan di rumah makan cenderung lebih gemuk dan mudah mengalami kenaikan berat badan.

Berat badan Anda dipengaruhi jumlah kalori yang masuk setiap harinya. Untuk memiliki berat yang stabil, jumlah kalori yang masuk harus sama dengan kalori yang dipakai tubuh untuk beraktivitas. Jika kalori berlebih, maka akan ditumpuk menjadi lemak. Wanita dewasa rata-rata hanya butuh 1000 - 1300 kalori setiap hari. Dilansir oleh Newsmaxhealth.com, rata-rata seseorang yang makan di restoran akan mengonsumsi 200 kalori lebih banyak dalam satu hari. Bahkan di Amerika Serikat, jumlahnya bisa 3 kali lipat.

"Kita tahu bahwa peningkatan obesitas di Amerika Serikat sejalan dengan seringnya mereka makan di rumah makan, dan rata-rata mereka kelebihan hingga 600 kalori setiap hari," ujar Lisa Powell, salah satu peneliti dari  University of Illinois di Chicago.

Salah satu penyebab kelebihan kalori ini adalah porsi di restoran yang cenderung lebih besar. Mereka juga memasak dengan bahan-bahan berlemak untuk menghasilkan rasa yang lebih enak. Pilihan makanan yang digoreng jelas sangat banyak di restoran, dibanding yang dikukus atau direbus. Penambahan saus, mayonaise dan sebagainya juga berperan menambah berat badan.

Selain penambahan kalori, jumlah makanan yang disajikan di restoran lebih banyak mengandung gula, garam dan MSG, yang bertujuan membuat makanan mereka lebih enak. Padahal kita tahu, kelebihan konsumsi dari 3 bahan tersebut dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Jadi, bijaklah saat Anda memutuskan makan di luar. Boleh saja Anda makan di restoran, tapi jangan terlalu sering. Masakan yang Anda masak sendiri jelas lebih sehat untuk tubuh dan dompet Anda.

Baca Artikela Menarik Lainnya.....