Kesehatan : Manfaat Super Capoera

Kesehatan : Manfaat Super Capoera
Kesehatan - Jika Anda adalah orang yang suka mencoba berbagai macam jenis olahraga, maka Anda harus mencoba olahraga asal Brazil ini Ladies. Apalagi jika bukan capoera. Olahraga yang membuat seluruh tubuh ikut serta bergerak ini cukup banyak digemari dan memiliki banyak komunitas.

Jika Anda tertarik mencoba, mungkin Anda juga perlu tahu apa saja manfaat yang bisa Anda dapat dari melakukan olahraga ini. Seperti dikutip dari www.stylecraze.com, paling tidak ada 7 manfaat yang bisa Anda dapatkan dari melakukan capoera, antara lain adalah

1. Melatih kekuatan
Salah satu manfaat paling nyata yang bisa Anda dapatkan adalah melatih kekuatan otot tubuh. Jika Anda ingin membentuk otot tubuh, maka melakukan capoera bisa merupakan solusi yang tepat. Capoera memerlukan banyak gerakan tubuh bagian atas yang akan membentuk tubuh dan melatih kekuatan otot serta membuatnya lebih kencang.

2. Melatih fleksibilitas
Capoeira juga melatih fleksibilitas tubuh karena banyak gerakan yang membutuhkan keluwesan yang hampir sama dengan yoga. Anda akan melatih otot yang jarang dipakai dan mungkin akan kesulitan pada awalnya. Namun berlatih secara berkala akan memberikan hasil maksimal dan Anda akan merasakan tubuh lebih fleksibel.

3. Menjaga stamina
Tidak seperti olahraga lain, capoeira melibatkan banyak otot untuk bekerja ketika berlatih. Semua gerakan membutuhkan banyak energi untuk berkoordinasi dengan baik. Hal ini akan meningkatkan daya tahan tubuh dan memperkuat pembuluh darah otot dan kardio tubuh serta memberikan stamina yang lebih baik.

4. Melatih kecepatan
Hal ini juga sangat dibutuhkan saat capoeira. Kecepatan dalam bergerak dan peka terhadap gerakan di sekitar Anda. Gerakan capoeira seperti bela diri dan Anda mungkin sekali mempraktekkan gerakan menyerang seperti menendang kayang dan lain sebagainya. Jadi jika Anda berlatih, Anda akan ikut serta melatih kecepatan dalam bergerak.

5. Melatih keseimbangan
Hampir sama seperti yoga, capoeira juga melatih keseimbangan tubuh. Ini karena banyak gerakan yang mengharuskan Anda berdiri pada satu kali atau menendang dengan tinggi hingga berat tubuh harus ditopang pada sisi tubuh lain.

6. Melepaskan stress

Selain olahraga fisik, Anda juga bisa melepaskan stress dan bersenang-senang dalam capoeira. Ini karena latihan capoeira biasanya diiringi dengan musik dan tepuk tangan, sehingga akan menggugah semangat. Anda juga akan menemukan banyak teman dan bersosialisasi dengan banyak orang sehingga bisa memberikan energi positif lebih baik ke dalam tubuh.

7. Melatih koordinasi tubuh

Capoeira juga merupakan olahraga yang diikuti dengan semua gerakan seperti menari yang butuh koordinasi. Gerakan yang lembut, tertata dan berirama akan melatih koordinasi tubuh Anda lebih baik.

Jika Anda tertarik melakukan capoera, Anda bisa mengikuti komunitas capoera untuk bisa berlatih bersama, dan ini akan lebih seru karena selain Anda melatih tubuh Anda, juga bisa menambah banyak teman Ladies.


Artikel Kesehatan Lainnya