Kesehatan : Nutrisi Wajib Agar Tetap Sehat Saat Usia Tua

Kesehatan : Nutrisi Wajib Agar Tetap Sehat Saat Usia Tua
Kesehatan - Memiliki tubuh yang sehat serta bugar bukan hanya impian orang yang masih muda saja, bahkan orang yang sudah tua pun juga mengharapkan hal yang sama. Apalagi saat-saat itulah justru kesehatan mereka perlu dijaga lebih kuat karena rentan sekali terhadap segala bentuk penyakit dan penurunan kesehatan secara drastis.

Nah, menurut www.stylecraze.com, ada beberapa daftar jenis makanan yang bisa menjadi konsumsi wajib para dewasa lanjut usia agar tetap sehat dan terhindar penyakit, antara lain adalah

1. Vitamin D

Sebagian besar orang lanjut usia akan mengalami penurunan kadar vitamin D dan kalsium yang akut sehingga rentan terserang osteoporosis dan berbagai macam penyakit tulang dan sendi. Vitamin ini secara alami bisa didapat dari sinar matahari setiap hari, dan ini akan menjadikan tubuh dapat menyerap kalsium lebih baik.

Jadi, sering olahraga pagi seperti jogging atau jalan kaki selama 30 menit hingga 1 jam dengan sinar matahari yang sehat dan udara yang segar serta asupan makanan seperti telur, sereal, minyak ikan cod, tuna dan salmon, bisa menjadi pilihan memenuhi kebutuhan vitamin D. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vit.D.

2. Vitamin C
Vitamin C merupakan salah satu antioksidan alami yang akan membantu melawan radikal bebas, meremajakan kulit dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Saat usia semakin tua, tubuh mengalami penurunan dalam sistem imun dan penyembuhan alami, sehingga asupan vitamin C juga sangat penting untuk Anda yang lanjut usia.

Studi telah membuktikan bahwa vitamin ini dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh kita, yang diperlukan untuk memperbaiki jaringan dan menyembuhkan luka. Vitamin C juga dikenal dapat mencegah penyakit berat seperti kanker, stroke, serangan jantung, dan lain sebagainya. Jadi, perbanyak makan buah dan sayur adalah suatu kewajiban untuk orang usia lanjut.

3. Serat makanan
Semakin banyak usia, semakin melemah kinerja organ dalam tubuh sehingga dibutuhkan lebih banyak nutrisi. Sama halnya dengsn sistem pencernaan yang juga melambat, dewasa usia lanjut juga memerlukan lebih banyak serat untuk melancarkan pencernaan. Anda bisa mengonsumsi beras merah, kacang-kacangan, buah dan sayur lebih banyak dan menghindari makanan bersantan dan berlemak.

4. Kalsium
Kalsium juga penting dikonsumsi orang tua karena kepadatan tulang semakin menurun saat usia tua. Jadi, penting untuk menambahkan asupan kaya kalsium seperti keju, susu, yogurt, dan sayuran hijau ke dalam menu harian orang lanjut usia.

5. Air

Ini juga sangat penting, apalagi untuk melancarkan pencernaan dan detox tubuh. Air memegang peran sangat penting dalam kelancaran peredaran darah dan fungsi reguler sel tubuh. Itulah mengapa orang tua juga harus banyak minum jus buah, air putih dan minuman hangat seperti teh herbal.

Itu dia lima daftar wajib makanan yang bisa dikonsumsi orang lanjut usia. Meski memang Anda belum mencapai usia lanjut, namun menerapkan konsumsi 5 daftar makanan tersebut juga akan berefek jangka panjang menjaga kesehatan Anda Ladies.



Artikel Kesehatan Lainnya