Kesehatan : Tips Untuk Membatasi Konsumsi Kafein

Kesehatan : Tips Untuk Membatasi Konsumsi Kafein
 Kesehatan - Konsumsi kafein secara rutin dan dalam dosis yang masih dianjurkan memang tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun, jika Anda tidak bisa mengontrolnya konsumsi kafein ini bisa menjadi sesuatu yang membuat Anda kecanduan. Seperti yang telah dilansir oleh healthmeup.com, kecanduan kafein bisa berakibat insomnia yang bisa mempengaruhi pola hidup sehat Anda. Karena itulah sangat perlu bagi Anda untuk membatasi konsumsi kafein Anda. Ikuti tips berikut untuk membatasi level konsumsi kafein pada tubuh Anda.

Pembatasan Bertahap
Segala sesuatu yang dilakukan secara bertahap tentu akan lebih mudah dan tidak terasa berat Ladies. Jika memang Anda sudah keranjingan kafein secara akut tentu saja Anda tidak bisa serta merta langsung berhenti total. Anda harus memulainya dengan mengurangi sedikit demi sedikit. Jika memang Anda penggemar berat kopi maka kurangilah porsinya sedikit demi sedikit sampai nantinya Anda bisa mengonsumsi kafein dalam tahap atau level yang aman.

Catat Setiap Konsumsi Kafein Anda

Salah satu metode yang dipercaya efektif adalah dengan mencatat semua konsumsi kafein yang masuk dalam tubuh Anda per hari. Dengan begini Anda akan bisa mengira-ngira porsi kafein yang masuk dalam tubuh dan bisa membatasinya.

Ganti Dengan Minuman Lain
Jika Anda selalu memulai hari Anda dengan secangkir kopi maka Anda bisa mencoba untuk menggantinya dengan minuman lain yang lebih sehat seperti green tea atau air putih. Setiap Anda ingin minum kopi beralihlah pada air. Ini tidak akan hanya mengatasi kecanduan kafein Anda namun juga akan menambah asupan air agar tubuh tidak dehidrasi.

Olahraga
Kafein berfungsi sebagai stimulan dan memberikan energi bagi tubuh. Untuk mengatasi kecanduan kafein Anda bisa mencoba untuk berolahraga yang juga memiliki fungsi sebagai stimulan tubuh.

Ketahui Sumber Kafein

Anda harus mengenal betul sumber-sumber kafein. Kafein tidak hanya berasal dari kopi saja. Coklat, minuman berenergi dan makanan manis lain banyak yang mengandung kafein. Jika memang Anda sedang berjuang untuk mengurangi porsi kafein dalam tubuh maka Anda harus tahu betul mana saja makanan yang memiliki kandungan kafein ini.

Semoga informasi tadi berguna dan selamat berjuang ya Ladies. 



Artikel Kesehatan Lainnya