Kesehatan : Penyakit Yang Perlu Diketahui Tentang Usus Besar

Kesehatan : Penyakit Yang Perlu Diketahui Tentang Usus Besar
 Kesehatan - Usus besar merupakan bagian penting dalam sistem pencernaan. Usus besar menyerap mineral dan air dari makanan sebelum mendorong sisa-sisa makanan keluar tubuh. Namun usus besar seringkali juga bisa terserang penyakit dan mengganggu pencernaan.

Seperti dikutip dari www.health.com, beberapa masalah pencernaan tersebut antara lain seperti

1. Sindrom Iritasi Bowel

Sindrom iritasi bowel ini menunjukkan adanya masalah pencernaan seperti diare berulang disertai kembung atau malah sembelit. Biasanya gejala yang ditimbulkan seperti nyeri dan tidak nyaman di perut yang berlangsung lama.

Nyeri akan sembuh setelah buang air besar namun muncul tidak lama kemudian. Bahkan jika sudah parah, Anda tidak akan mampu melakukan perjalanan jauh dna panjang dna hanya ingin meringkuk di tempat tidur.

2. Sembelit

Sembelit seringkali disebabkan oleh kurangnya serat makanan dan air yang cukup saat makan. Anda akan mengalami kesulitan buang air besar dan bisa hanya sekali dalam 5 hari. Gejala lain yang timbul adalah rasa keras dan kering saat BAB, terkadang juga disertai kembung.

3. Diare
Diare terjadi karena aliran tidak diserap dengan benar oleh dinding usus kecil dan menjadi berlebihan pada usus besar yang menjadikan peradangan di usus. Terkadang diare bisa disebabkan oleh salah makan atau makanan yang sudah terkontaminasi, sehingga menyebabkan adanya infeksi bakteri atau virus. Hal ini juga bisa terjadi karena Anda minum antibiotik, atau alergi laktosa.

4. Wasir
Jika Anda sudah pernah hamil, Anda mungkin mengalami arteri yang meradang dan pembuluh darah yang keluar pada rektum. Wasir juga bisa terjadi karena seringnya duduk, atau mengejan berlebihan saat buang air besar. Semua bentuk tekanan pada pembuluh darah tersebut bisa memicu wasir.

Jika sudah parah, wasir juga bisa meradang dan membesar sehingga diperlukan operasi atau pengobatan alternatif. Jadi, makanan berserat dan sehat serta minum yang cukup adalah solusi yang tepat agar wasir tidak bertambah parah Ladies.


Artikel Kesehatan Lainnya