Kesehatan : Penyakit Pernapasan pemicu Kanker Paru - paru

Kesehatan : Penyakit Pernapasan pemicu Kanker Paru - paru
Kesehatan - Ada banyak penyakit yang bisa menyerang tubuh Anda, salah satunya adalah kanker. Tidak ada yang pernah mau mengalami kanker, sekalipun kanker itu tidak terlalu bahaya atau bisa disembuhkan dengan sangat baik. Salah satu kanker yang bisa menyerang tubuh adalah kanker paru-paru.

Banyak yang mengetahui bahwa Anda dengan kebiasaan merokok atau merupakan perokok aktif adalah orang yang paling tinggi risikonya mengalami kanker paru-paru. Itu tidak salah, karena memang rokok merupakan penyebab utama kanker paru-paru. Namun ada beberapa hal lain yang juga perlu Anda ketahui tentang kanker paru-paru.

Seperti dikutip dari news.health.com, ada 3 penyakit pernapasan yang bisa memicu tumbuhnya kanker pada paru-paru, antara lain adalah bronkitis kronis, emfisema dan pneumonia. Orang-orang yang memiliki riwayat penyakit tersebut memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker paru-paru dibandingkan dengan bronkitis kronis saja. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian.

Meskipun memang asma dan TBC juga menyerang sistem pernapasan, namun tidak ada risiko besar mengalami kanker paru-paru. Alasan mengapa ketiga penyakit tersebut bisa memicu kanker adalah adanya gangguan atau bakteri atau virus yang menginfeksi, sehingga memudahkan sel kanker berkembang.

Namun belum tentu juga Anda yang mengalami satu atau dua di antara ketiga penyakit tersebut secara otomatis akan mengalami kanker paru-paru Ladies. Ada banyak kemungkinan pula Anda tidak mengembangkan sel kanker pada paru-paru.

Untuk menghindari tiga penyakit seperti bronkitis kronis, emfisema dan pneumonia, tentu saja Anda harus menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan berada di kalangan para perokok. Hal ini sekaligus akan menghindarkan Anda terserang kanker paru-paru, Ladies.


Artikel Kesehatan Lainnya