Kesehatan : 5 Alasan Mengapa Sulit Menurunkan Berat Badan

Kesehatan : 5 Alasan Mengapa Sulit Menurunkan Berat Badan
Kesehatan -  Ladies, sebagai seorang wanita, Anda pasti ingin memiliki tubuh ramping ideal untuk menunjang penampilan semakin cantik dan menarik. Oleh karena itu, akhirnya banyak wanita yang memutuskan untuk melakukan diet. Namun tidak jarang banyak wanita yang tidak berhasil dengan rencana dietnya.

Ini mungkin bukan karena rencana diet Anda yang salah, namun kebiasaan dan aktivitas harian yang biasa Anda lakukan yang menjadikan tubuh agak sulit menurunkan berat badan. Seperti dikutip dari news.health.com, ada beberapa alasan mengapa Anda sulit menurunkan berat badan, antara lain adalah

1. Anda melakukan hal yang monoton

Tidak heran jika berat badan Anda tidak kunjung turun, apa yang Anda lakukan tidak ada perubahan. Tubuh Anda sudah terbiasa dengan tidak melakukan apa-apa, sehingga tidak akan ada pembakaran kalori yang banyak saat Anda hanya melakukan hal yang sama.

Anda harus melakukan hal lain, bukan hanya duduk di kursi di depan komputer. Hal ini malah akan membuat tubuh mengalami kenaikan berat badan. Menyelingi kegiatan rutinitas dengan olahraga, berjalan-jalan sebentar, peregangan atau traveling saat weekend bisa membuat pikiran tenang dan membantu penurunan berat badan.

2. Anda terlalu 'lunak' terhadap diri sendiri
Jika Anda sudah menetapkan aturan diet dengan tidak makan makanan berlemak misalnya, maka taati peraturan tersebut dan jangan melanggarnya. Anda mungkin berpikir, tidak masalah jika hanya makan sedikit atau sesekali, namun jika Anda membiarkan tubuh Anda manja, Anda tidak akan mendapat hasil maksimal.

Tubuh jadi tidak bisa membiasakan diri dengan ketatnya menu diet dan hal ini sangat mungkin menggagalkan diet dan tidak akan menurunkan berat badan. Hal ini juga harus diimbangi dengan olahraga yang agak berat. Jika Anda hanya mengangkat barbel 1 kilo dalam seminggu, otot akan terbiasa dengan itu, namun tidak membantu menurunkan berat badan. Lakukan olahraga yang menguras tenaga dan banyak melakukan gerakan sehingga tubuh banyak mengeluarkan keringat.

3. Anda tidak bersenang-senang
Jika Anda melakukan diet dengan terpaksa, maka hal ini akan membuat tubuh stress. Kondisi seperti ini tidak akan membantu menurunkan berat badan, malah justru sebaliknya. Jadi, lakukan diet dengan mengatur pola makan, dan lakukan olahraga yang Anda sukai namun tetap banyak membakar lemak.

4. Olahraga berlebihan
Jika Anda terobsesi menurunkan berat badan, bukan berarti Anda bisa melakukan olahraga secara berlebihan, hal ini justru sangat tidak baik. Ketika tubuh lelah, maka biarkan tubuh menghilangkan dulu rasa nyeri dan lelah setelah olahraga. Jangan memaksakan diri, olahraga memang harus teratur, namun seimbang dan tidak membebani. Jika Anda terlalu keras, tubuh bisa sakit dan ini sangat tidak baik.

5. Makan berlebih setelah olahraga
Seringkali olahraga akan membuat Anda merasa lapar dan ingin makan banyak makanan. Hal ini sebenarnya bagus karena ini menandakan bahwa tubuh membakar banyak kalori. Akan lebih bagus lagi jika Anda tidak tergoda dan terjerumus dalam keinginan untuk makan.

Anda bisa memuaskan keinginan makan dengan buah atau salad sayur dan sebagainya yang tidak banyak mengandung lemak, gula atau karbohidrat. Anda juga bisa menghilangkan lapar dengan cara minum air yang agak banyak, karena bisa jadi sinyal yang diberikan tubuh bukan lapar, tapi haus karena tubuh dehidrasi.


Artikel kesehatan Menarik Lainnya