Kesehatan : Menguji Kebugaran Tubuh dendan 4 olah raga

Kesehatan : Menguji Kebugaran Tubuh dendan 4 olah raga
Kesehatan - Kebugaran tubuh menjadi salah satu yang perlu dijaga oleh seorang wanita. Jika tubuh tidak dijaga kesehatan dan kebugarannya, tidak heran jika tubuh Anda cepat lelah dan mudah terserang penyakit. Olahraga selalu menjadi jalan utama untuk menjaga kebugaran tubuh.

Jika Anda ingin tahu seberapa kuat dan bugar tubuh Anda, seperti dikutip dari www.stylecraze.com, maka Anda bisa melakukan tes atau uji coba dengan melakukan olahraga berikut.

1. Tes Harvard step
Latihan ini adalah salah satu yang terbaik untuk menguji kebugaran fisik dan dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Anda cukup memerlukan bangku setinggi 30 cm dan stopwatch. Pastikan bangku yang Anda gunakan stabil dan tidak mudah goyang. Kemudian lakukan latihan dengan naik dan turun bangku tersebut berulang kali.

Lakukan latihan selama 3 menit dan berhenti untuk menghitung denyut jantung. Semakin sedikit waktu yang diperlukan jantung untuk kembali ke denyut normal, maka semakin fit tubuh Anda. Lakukan terus latihan ini agar sekaligus melatih dan mengencangkan tubuh bagian bawah.

Jika tidak punya bangku setinggi 30 cm, maka Anda bisa menggunakan anak tangga. Meski mungkin memang tidak setinggi 30 cm, dan misalnya hanya 15 cm, maka Anda bisa mengalikan latihan.

2. Bruce test
Tes ini adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan kardiovaskular Anda dengan berlari di atas treadmill. Tujuan tes ini sebenarnya adalah untuk mengukur jumlah maksimum asupan oksigen. Jadi, lakukan jalan santai terlebih dahulu, kemudian berlari kecil atau jogging dan berlari agak cepat.

Jika detak jantung sudah cepat, beristirahat sebentar dan lakukan latihan lagi. Lakukan intrerval setiap kali berganti ke gerakan yang lebih cepat. Untuk lebih jelasnya, akan lebih baik jika Anda didampingi oleh pelatih fitness sehingga bisa lebih optimal.

3. Tes renang

Berenang juga merupakan olahraga yang sangat bagus terutama untuk kardio atau mengetahui kesehatan jantung. Anda bisa menguji ketahanan fisik Anda dengan berenang hingga 500 meter atau berenang yang berlangsung selama sekitar 12 menit.

Kemudian ulangi bolak balik berenang selama itu berkali-kali. Ini bukan hal yang mudah apalagi jika Anda masih sangat baru bisa berenang. Jadi, lakukan perlahan dan jangan memaksakan diri.

Anda memang tidak bisa mendapatkan kebugaran tubuh secara instan, jadi lakukan latihan ini berkali-kali sehingga tubuh bisa lebih kuat dan bugar Ladies.


Artikel kesehatan Menarik Lainnya