Kesehatan : Cegah ALS Dengan Makan Buah Dan Sayur Warna-Warni

Kesehatan : Cegah ALS Dengan Makan Buah Dan Sayur Warna-Warni
Kesehatan - Ladies, apakah Anda tahu tentang Ice bucket challenge? Akhir-akhir ini viral sosial media ini menjadi tren di kalangan masyarakat. Ice bucket challenge ini ternyata merupakan cara kampanye sadar akan bahaya ALS atau amyotrophic lateral sclerosis dan mengumpulkan dana bantuan untuk penderita ALS lewat tantangan tersebut.

Kesehatan memang sudah harus dijaga sejak dini. Jangan sampai Anda menyesal kemudian saat sudah terserang penyakit. Penyakit ALS ini menyerang syaraf otak dan merupakan penyakit yang bisa melumpuhkan tubuh Anda. Penyakit ini menyerang sel-sel syaraf di otak dan sumsum tulang belakang yang merupakan syaraf pusat sehingga mampu melumpuhkan tubuh.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari penyakit ini, seperti dikutip dari news.health.com, adalah dengan makan buah dan sayur yang berwarna terang seperti merah, orange, kuning, ungu dan hijau.  Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan banyak makanan berwarna, akan mampu mencegah penyakit neurodegeneratif ini.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya antioksidan dalam sayur dan buah tersebut. Semakin pekat, terang dan mencolok warna buah dan sayur tersebut, maka semakin baik dalam kandungan antioksidan, seperti misalnya tomat dan wortel. Antioksidan ini terdapat pada vitamin seperti karotenoid, terutama beta-karoten dan lutein, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit syaraf progresif ini.

Bukan hanya itu, vitamin C juga membantu melengkapi fungsi dari vitamin A atau beta karoten. Peneliti menunjukkan bahwa konsumsi karotenoid yang cukup per hari mampu mengurangi risiko terserang ALS dengan cara merilekskan otot dan syaraf.

Hubungannya dengan ice bucket challenge mungkin tidak banyak, namun tantangan ini memberikan kejutan pada syaraf dengan sensasi dingin air es sehingga tubuh bereaksi dan mengeluarkan semacam endorphin untuk menenangkan diri. Hal ini bukan hanya semacam kesenangan, air dingin memang bisa menenangkan tubuh dan pikiran agar tidak stress Ladies.


Artikel kesehatan Menarik Lainnya