Kesehatan : Efek Samping Konsumsi Antibiotik

Kesehatan : Efek Samping Konsumsi Antibiotik
Kesehatan - Hampir semua obat-obatan termasuk antibiotik memiliki efek samping bagi tubuh. Untuk itu Anda harus benar-benar memperhatikan petunjuk penggunaan dari obat ini. Efek samping yang paling sering dialami antara lain pusing, muntah, mual dan tubuh lemas. Selain itu ada juga yang mengalami alergi karena mengonsumsi antibiotik. Selain itu seperti yang dilansir oleh healthmeup.com, penggunaan yang terlalu berlebihan juga bisa membuat tubuh kebal akan antibiotik dan akan rentan terserang bakteri jahat.

Antibiotik yang dikombinasikan dengan obat lain juga bisa menghambat efektivitas dari obat tersebut. Untuk itu Anda harus senantiasa berkonsultasi dengan dokter Anda tentang semua obat-obatan yang Anda pakai sebelum mengonsumsi antibiotik.

Salah satu hal yang harus diingat adalah saat Anda berhenti minum antibiotik sebelum waktu yang ditentukan, bakteri justru akan mendapatkan kesempatan untuk tumbuh lagi dalam kecepatan yang sangat cepat. Ini berpotensi membuat sakit semakin parah.

Saat mengonsumsi antibiotik ada pertarungan antara pengaruh obat pada tubuh dengan sistem kekebalan dalam tubuh. Oleh karena itu semakin lama bakteri bertahan dalam tubuh maka bakteri akan resisten terhadap pengaruh antibiotik. Untuk itu sangat penting untuk mengetahui dosis obat yang akan Anda konsumsi. Jika tidak sesuai dengan dosis maka bakteri akan memiliki potensi untuk resisten terhadap obat.



Semoga informasi tadi berguna bagi Anda ya Ladies. Keep healthy.



Artikel Kesehatan Menarik lainnya