Kesehatan : Nutrisi Penting Agar Tubuh Tumbuh Lebih Tinggi

Kesehatan : Nutrisi Penting Agar Tubuh Tumbuh Lebih Tinggi
 Kesehatan - Ladies, ketika Anda masih dalam usia pertumbuhan, mungkin Anda akan berharap tubuh Anda akan bertambah tinggi dengan sendirinya dan secara alami. Untuk sebagian orang mungkin tidak perlu mengkhawatirkan masalah tinggi badan, namun beberapa orang lainnya sangat kesulitan menambah tinggi badan mereka.

Nah, karena Anda sudah melewati umur dan masa pertumbuhan tersebut, semakin sulit pula lah Anda bisa menambah tinggi badan. Ini karena tubuh tidak lagi menghasilkan hormon pertumbuhan sebanyak masa pertumbuhan. Namun menurut www.stylecraze.com, ada beberapa nutrisi yang bisa Anda konsumsi lebih banyak untuk menambah tinggi badan, antara lain adalah

1. Vitamin D

Vitamin D adalah vitamin yang memiliki peran penting dalam membuat tulang kuat dan panjang karena membantu tubuh menyerap mineral yang dibutuhkan tulang. Bahkan kekurangan vitamin D bisa menyebabkan Anda memiliki risiko tinggi osteoporosis dan gigi berlubang.

Anda bisa mendapatkan vitamin D alami dengan sinar matahari, namun juga bisa dibantu asupan makanan seperti tomat, susu, jeruk, kentang dan kembang kol. 

2. Vitamin B1
Vitamin B1 atau tiamin bisa sangat membantu meningkatkan pertumbuhan tubuh karena membantu penyerapan fosfor sekaligus menjaga kesehatan jantung dan sistem syaraf. Vitamin B1 juga mampu merangsang produksi darah yang sehat agar tubub lebih baik dalam bertumbuh.

Beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin B1 adalah asparagus, telur, kentang, kacang, daging dan kacang kedelai. 

3. Vitamin B2
Vitamin B2 atau riboflavin juga membantu memperkuat tulang dan gigi serta meningkatkan aktivitas hormon pertumbuhan. Antioksidan ini juga sekaligus mampu mencegah penyakit. Makanan yang mengandung banyak ribovlafin antara lain adalah ikan, susu, kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran hijau.

4. Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang sangat baik memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Selain mencegah penyakit, juga mampu membantu mengaktifkan hormon pertumbuhan lebih baik karena menghilangkan hambatan dari radikal bebas.

5. Kalsium dan fosfor
Dua mineral ini juga sangat Anda butuhkan untuk tulang kuat, padat dan lebih panjang. Dengan adanya mineral ini, Anda bisa memperbaiki tinggi tubuh. Beberapa makanan yang banyak mengandung kalsium dan fosfor adalah susu, bayam, kedelai dan lobak sayur.

Asupan kalsium untuk usia 19-50 tahun adalah sekitar 1000-2000 mg karena semakin bertambah usia, Anda semakin membutuhkan kalsium dna fosfor serta vitamin dan mineral lainnya untuk tetap bisa membantu pertumbuhan tubuh.



Artikel Kesehatan Menarik lainnya