Kesehatan : Pengaruh pH air untuk kesehatan

Kesehatan : Pengaruh pH air untuk kesehatan
Kesehatan - Ladies, Anda pasti tahu pelajaran kimia saat masih sekolah dulu. Dalam pelajaran kimia, ada istilah pH yang menunjukkan tingkat asam basa air. Nah, kadar pH ini bukan hanya untuk dipelajari, namun juga memiliki pengaruh untuk kesehatan.

Istilah pH sendiri merupakan arti dari nilai potensi hidrogen. Seperti dikutip dari www.stylecraze.com, kadar pH air memiliki pengaruh keseimbangan dalam tubuh karena air memainkan penting dalam tubuh. Seperti yang Anda tahu bahwa air merupakan unsur utama tubuh, sehingga kadar pH yang tepat akan membuat organ tubuh bekerja secara optimal dan tidak mengganggu kinerja organ tubuh dan mengganggu kesehatan.

Nilai pH air murni sendiri adalah sekitar 7 pada suhu 25 derajat Celcius. Jika pH air menunjukkan angka di bawah 7, maka berarti air tersebut cenderung asam. Sedangkan jika pH air menunjukkan angka di atas 7, maka air cenderung basa. Beberapa efek kesehatan yang mungkin Anda dapatkan ketika kadar pH air seimbang adalah

1. Keseimbangan keasaman dan alkalinitas tubuh

Ketidakseimbangan asam dan basa/alkalin dalam tubuh menyebabkan bakteri dan organisme pembawa penyakit berkembang di dalam jaringan tubuh dan merusak organ tubuh, sehingga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

2. Mempertahankan tingkat elektrolit

Organ tubuh yang berhubungan erat dengan air adalah ginjal. Ginjal kita bertanggung jawab untuk menjaga tingkat elektrolit kalsium, kalium, magnesium dan natrium dalam tubuh dengan cara menyaring darah dan membuang limbah serta kelebihan nutrisi dalam tubuh. Elektrolit membantu mengurangi tingkat keasaman dalam tubuh.

Jika air yang Anda konsumsi tidak seimbang atau netral, dan darah memiliki kadar keasaman yang tinggi, dapat menyebabkan hilangnya mineral dari tulang, organ, sel dan jaringan. Bahkan juga berdampak dalam penyerapan vitamin serta akumulasi limbah dan racun dalam tubuh.

3. Menjaga kadar pH darah dan aliran oksigen

Darah ternyata juga memiliki muatan negatif dan positif untuk mengangkut oksigen dan bisa mengalir lancar di dalam pembuluh darah. Nah, jika air memiliki pH yang tidak seimbang, ini juga secara otomatis mengacaukan keseimbangan muatan negatif dna positif dalam darah.

Jadi sebaiknya Anda minum minuman yang jauh dari campuran bahan kimia berbahaya untuk bisa menjaga kadar pH air dalam tubuh. Jika Anda ingin menguji kadar pH air di rumah Anda dan ingin mengetahui apakah air tersebut layak dikonsumsi, maka Anda bisa membeli kertas uji pH di toko obat atau toko bahan kimia terdekat.


Artikel Kesehatan Menarik lainnya