Kesehatan : Jus dan Buah Segar

Kesehatan : Jus dan Buah Segar
Kesehatan - Makan buah adalah suatu hal yang menyenangkan Ladies, apalagi jika Anda memutuskan untuk diet. Daripada jus sayur, Anda pasti lebih memilih minum jus buah karena segar dan rasanya yang manis dan nikmat, benar kan? Namun ada yang bilang bahwa sebenarnya jus itu tidak terlalu baik, lebih baik Anda makan buahnya langsung utuh.

Nah, kenapa ya? Padahal jus juga berasal dari buah yang sama, yang asli dan hanya bentuknya saja yang berbeda. Menurut kutipan dari www.fitnea.com, ada beberapa hal yang mungkin menjadikan jus kurang sehat, antara lain adalah

    Kulit buah
    Beberapa buah memiliki kulit buah yang sangat sehat dengan mengandung banyak antioksidan seperti misalnya anggur, apel, pir, buah-buahan berry, jambu dan belimbing. Selain mampu menambah serat, juga sangat baik memperbaiki sel tubuh yang rusak dan mencegah efek negatif radikal bebas.

    Bulir dan biji

    Bulir jeruk adalah salah satu bagian penting dalam pemberian serat dalam buah jeruk. Bulir jeruk memiliki bungkus di luarnya sehingga jeruk tidak berair ketika dikupas. Nah, bagian yang seperti kulit tipis ini ternyata mengandung flavonoid yang tinggi. Bulir jeruk yang kaya vitamin C digabung dengan flavonoid dari kulit ari buah jeruk ini akan sangat baik untuk kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan.

    Serat
    Bagian penting yang Anda butuhkan jika makan buah adalah serat. Jika Anda membuat jus, serat buah memang akan menjadi berkurang, namun tidak menghilang. Jika Anda mengunyah buah, serat bisa lebih banyak. Namun berbeda hal jika Anda makan jeruk dengan membuang kulit arinya, atau memeras dan hanya mengambil airnya. Sama halnya dengan membuat jus jambu, sebaiknya tidak usah disaring karena seratnya akan berkurang.

Jadi, apakah buah segar lebih sehat dari jus? Itu tergantung apakah Anda membeli jus tersebut kemasan atau membuatnya sendiri di rumah. Jika Anda beli jus kemasan di supermarket, maka jus tersebut tidak terlalu sehat karena mengandung pengawet dan gula tambahan.

Jika Anda membuatnya sendiri, lebih baik tidak menambah susu kental manis, atau pun gula. Jika Anda menginginkan jus anggur, sebaiknya jus langsung sekalian kulit dan bijinya, karena memiliki lebih banyak kandungan antioksidannya. Begitu juga dengan jeruk, masukkan semua buahnya, tidak perlu membuang bagian putihnya.

Nah, bisa memutuskan mana yang sehat sekarang, Ladies?

Artikel Kesehatan Lainnya