Kesehatan : mengenal Stanol Dan Sterol, Si Penurun Kolesterol

Kesehatan : mengenal Stanol Dan Sterol, Si Penurun Kolesterol
Kesehatan - Ladies, makanan yang Anda makan adalah sumber kolesterol utama yang menyebabkan Anda berisiko terhadap berbagai penyakit serius lainnya. Jika Anda ingin kadar kolesterol dalam darah stabil, maka pilihan makanan juga sangat penting diperhatikan.

Ketika kadar kolesterol tinggi, akan semakin banyak makanan yang dilarang dikonsumsi. Nah, seperti dikutip www.eatingwell.com, sekarang ada beberapa makanan yang diolah dengan menambahkan bahan kimia tanaman penurun kolesterol yang disebut sterol dan stanol.

Bahan atau senyawa kimia yang ditambahkan dalam makanan bernama sterol dan stanol atau disebut juga dengan fitosterol tidak memiliki rasa, bau atau memberi reaksi negatif di mulut, itulah alasan mengapa para produsen tidak punya keraguan menambahkan fitosterol ke dalam makanan agar bisa berfungsi menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Penambahan sterol dan stanol dalam makanan ini sama halnya dengan adanya kolesterol secara alami di dalam makanan. Bahan-bahan tersebut akan bersaing untuk bisa diserap usus dan dalam hal ini, kolesterol jahat akan kalah dan sterol serta stanol lah yang akan diserap oleh usus. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa adanya penambahan kedua bahan tersebut akan mampu menurunkan kadar kolesterol sebanyak 15 persen sehingga mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler.

Sebuah laporan mengenai hal ini juga menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang sudah diperkaya sterol dan stanol setiap hari dengan kadar  1,8-2,8 gram mampu menurunkan kolesterol 7-11 persen dalam 1-3 bulan. Namun tentu saja penemuan ini tidak lepas dari kontroversi, ladies.

Banyak juga yang menanyakan apakah bahan ini aman dan tidak menimbulkan penyakit lain karena secara alami, sterol dan stanol adalah bahan kimia buatan manusia. Kenyataannya, hingga saat ini belum ada keluhan soal hal ini. Hanya saja, yang perlu Anda perhatikan adalah tetap melakukan diet makanan berkolesterol.

Anda tidak akan mendapatkan kadar kolesterol rendah jika tetap makan makanan berkolesterol. Penambahan fitosterol tidak membuat Anda bebas dari kolesterol dan tetap harus menghindari makanan berkolesterol.

Secara alami, sterol dan stanol juga ada di dalam bahan makanan seperti  jagung, beras merah, apel, pisang, tomat dan kacang-kacangan. Jadi, meski sudah ada solusi untuk menurunkan kolesterol, tetap terapkan gaya hidup sehat ya Ladies.


Artikel Kesehatan Lainnya