Kesehatan : Kurangi Derita Menopause Dengan 5 Makanan Kaya Estrogen

Kesehatan : Kurangi Derita Menopause Dengan 5 Makanan Kaya Estrogen
Kesehatan - Estrogen merupakan hormon yang diperlukan oleh wanita. Hormon ini merupakan sekelompok hormon steroid alami yang memainkan peran dalam pertumbuhan dan perkembangan karakteristik seksual wanita. Meski memang pria juga memilikinya, namun tidak sebanyak wanita.

Hormon estrogen apalagi paling dibutuhkan saat wanita mencapai usia menopause. Ini karena wanita yang mengalami pre-menopause hingga menopause cenderung mengalami fluktuasi tingkat estrogen yang kacau. Estrogen yang diproduksi berlebihan pada tubuh wanita dan menyebabkan berbagai efek fisik seperti kram dan insomnia.

Jika tubuh kekurangan estrogen, bisa menyebabkan kelelahan, osteoporosis, kondisi yang membuat tulang rapuh atau bahkan dapat menyebabkan depresi. Untuk mengatasi masalah ini, seringkali dibutuhkan obat non-steroid untuk menyeimbangkan tingkat estrogen.

Namun seperti dikutip www.stylecraze.com, ada makanan-makanan yang mengandung estrogen alami yang bisa mencegah efek menopause berlebihan, antara lain adalah

1. Kedelai
Anda bisa makan kedelai rebus, atau makanan olahan berbahan dasar kedelai seperti tahu, tempe, dan susu kedelai. Jika ada produk yogurt dari kedelai, ini juga sangat bagus untuk menyeimbangkan tingkat estrogen dalam tubuh.

2. Biji rami

Biji rami mungkin bukan biji yang sering Anda temui, namun bisa di dapatkan di toko yang menjual biji-bijian. Biji rami memiliki kandungan fitoestrogen yang disebut lignan. Biji ini sering juga dijadikan campuran roti karena seratnya yang tinggi. Ada sekitar 85.5 mg lignan dalam satu ons biji rami. Anda bisa mengolahnya degan cara dibuat bubur atau sup.

3. Biji wijen
Biji wijen juga mengandung phytoestrogen yang dikenal sebagai lignan. Selain biji wijen, biji bunga matahari atau kuaci juga baik dikonsumsi untuk menyetabilkan kadar estrogen saat menopause. Paling tidak ada 11.2 mg lignan dalam satu ons wijen.

4. Bawang putih

Bawang putih juga merupakan sumber dari isoflavonoid dengan kandungan kurang lebih 603.3mg fitoestrogen per 100 gr bawang putih. Anda bisa langsung mengunyahnya atau dimasak dengan cara digoreng sebentar. Mulut Anda mungkin akan bau bawang, untuk mencegahnya, Anda bisa minum lebih banyak air.

5. Buah aprikot, kurma dan prune

Buah kering seperti aprikot, kurma dan prune adalah beberapa di antara makanan yang kaya estrogen. Anda mungkin agak susah menemukan buah aprikot atau prune, tapi kurma bisa cukup mudah didapat.

Nah, itu tadi beberapa makanan kaya estrogen yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah efek menopause yang menjengkelkan. Meski Anda tidak sedang memasuki usia menopause, makanan ini juga sangat baik dikonsumsi untuk memenuhi protein dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.