Kesehatan : Makanan Mempertajam Daya Ingat

Kesehatan : Makanan Mempertajam Daya Ingat
Kesehatan - Lupa meletakkan kunci atau lupa hari ulang tahun kesayangan pasti sangat menjengkelkan bagi Anda maupun orang di sekitar Anda. Karena itu, Anda perlu memelihara daya ingat Anda dengan baik agar tetap sehat hingga usia lanjut.

Beberapa bahan makanan dapat membantu Anda memelihara daya ingat agar terhindar dari dementia atau kepikunan di hari tua. Sebaiknya konsumsi juga beberapa bahan makanan untuk fungsi memori lebih baik sampai tua, seperti dilansir Womenshealthmag.com.

    Kubis
    Kubis merupakan sumber yang baik dari asam folat yang sangat ampuh untuk memperbaiki masalah pada memori atau ingatan. Asam folat merupakan zat gizi terbaik untuk daya ingat Anda, jadi konsumsi kubis dalam jumlah cukup dan tak berlebih sangat dianjurkan.

    Telur

    Telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, selain itu, makanan ini juga memiliki kandungan vitamin penting yaitu B6 dan B12 yang juga berperan dalam daya ingat bersama dengan asam folat. Penelitian menyebutkan bahwa kekurangan vitamin B6 dan B12 akan menyebabkan kemampuan daya ingat yang menurun lebih cepat dibanding dengan yang mengonsumsi vitamin tersebut dalam jumlah cukup.

    Brokoli

    Penelitian di Havard menyebutkan, wanita yang mengonsumsi jenis sayuran ini dalam jumlah banyak memiliki resiko kepikunan yang lebih rendah. Brokoli memiliki kandungan antioksidan, asam folat, dan vitamin B6.

    Stroberi
    Kandungan antioksidan yang disebut dengan antosianin pada stroberi memiliki kemampuan untuk mencegah hilangnya daya ingat pada sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan. Antosianin juga membantu menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga aliran darah ke otak tetap lancar. Selain antosianin, stroberi juga memiliki kandungan asam folat dan B6.

    Salmon

    Ikan ini memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi sehingga dapat membantu mempertajam memori. Seseorang yang mengonsumsi ikan paling tidak seminggu sekali 10% lebih lambat penurunan daya ingatnya dibanding dengan yang jarang mengonsumsi ikan.

Meskipun masih muda, sebaiknya Anda mulai memberi perhatian pada daya ingat atau memori Anda agar tetap tajam hingga usia senja Anda.


Artikel kesehatan Lainnya