Kesehatan : Menghitung Lemak Tubuh

Kesehatan : Menghitung Lemak Tubuh
Kesehatan - Perlu Anda ketahui bahwa timbangan berat badan bukanlah satu-satunya alat pengukur untuk menentukan bahwa Anda kurus, langsing, gemuk atau malah obesitas. Ada cara bagaimana Anda tahu apakah Anda gemuk atau tidak, jadi Anda tidak perlu melakukan diet keras jika memang tidak gemuk.

Lemak tubuh tetap Anda perlukan dan penting untuk menjaga keseimbangan tubuh. Malah jika Anda tidak punya lemak, Anda tidak akan terlihat seksi Ladies. Lemak memiliki peran penting dalam menjaga fungsi tubuh, suhu tubuh dan menjaga organ tubuh dari benturan keras. Berdasarkan www.everydayhealth.com, lemak tubuh normal untuk pria adalah sekitar 8 sampai 15 persen dari berat total tubuh mereka dan untuk perempuan sekitar 20 sampai 30 persen.

Beberapa capa pengukuran lemak tubuh antara lain seperti Bioelectric Analisis Impedansi (BIA). Ini adalah pengukuran dengan elektroda yang ditempatkan di tangan dan kaki seseorang. Lemak memiliki sedikit air dan lebih tahan terhadap arus listrik, sedangkan otot, yang berisi lebih banyak air, kurang tahan. Jadi, nomor yang dihasilkan dimasukkan ke dalam angka persentase lemak dan otot. Dengan ini, Anda jadi tahu berapa banyak massa lemak dna otot dalam tubuh Anda.

Cara lain adalah dengan metode lingkar pinggang dan menentukan Indeks Massa Tubuh (BMI). Hanya dengan tali ukur saja, Anda dapat mengetahui lingkar pinggang Anda. Lingkar pinggang untuk wanita adalah lebih dari 35 inci, sedangkan untuk pria adalah 40 inci. 

BMI dilakukan dengan mengalikan berat badan Anda dalam pound oleh 703, kemudian membagi jumlahnya dengan tinggi badan Anda dalam inci dua kali. Jika hasil akhirnya kurang dari 18.5 maka orang tersebut termasuk kekurangan gizi. Jika mencapai angka 18,5-24,9 adalah normal, 25.0-29.9 kelebihan berat badan, dan lebih dari 30 adalah obesitas.

Jadi, sekarang Anda sudah dapat memperkirakan bukan, apakah Anda termasuk yang harus menurunkan badan atau tidak?


Artikel kesehatan Lainnya