Kesehatan : Tips Aman Dalam Berolah raga

Kesehatan : Tips Aman Dalam Berolah raga
Kesehatan -  Jika Anda ingin menurunkan berat badan, tentu saja Anda juga harus olahraga rutin agar kalori bisa dibakar dengan lebih baik. Namun jika Anda sudah lama tidak melakukan olahraga, biasanya ada shock terapi yang biasanya akan Anda alami setelah berolahraga berat. Hal ini wajar terjadi karena tubuh sudah lama tidak dipakai untuk bergerak berat dan tiba-tiba.

Biasanya otot akan terasa kram atau nyeri setelah olahraga. Nah, untuk menghindari atau mengurangi efek 'terkejut' ini, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips olahraga aman dan sehat seperti dikutip dari www.everydayhealth.com berikut.

1. Pemanasan
Sebelum memulai olahraga, memang sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu. Yang dimaksud dengan pemanasan di sini adalah memulai gerakan ringan sebelum tubuh melakukan beberapa gerakan cepat dan banyak serta berat. Hal ini bertujuan menghindari kram dan cidera.

Paling tidak lakukan warm up cool down sekitar 10 menit untuk memperlancar aliran darah, meningkatkan suhu otot, dan mulai bernapas lebih cepat, sehingga dapat membantu tubuh Anda menyesuaikan diri dengan latihan selanjutnya.

2. Peregangan
Peregangan sangat diperlukan untuk berpindah ke gerakan lain jika Anda sudah melakukan gerakan yang sama beberapa kali berturut-turut. Peregangan dibutuhkan untuk mendapatkan fleksibilitas tubuh dan kebugaran yang lebih baik.

Dalam hal ini, Anda juga perlu mengatur napas sehingga bisa merilekskan otot tubuh yang telah bekerja keras dan memberi waktu membakar kalori lebih baik. Saat ini pula suhu tubuh akan diatur dan diturunkan secara perlahan.

3. Minum

Perlu sekali untuk menghidrasi tubuh dan menjaga tubuh tetap lembab. Anda akan kehilangan cairan tubuh karena Anda akan berkeringat dan untuk membakar kalori yang lebih baik dan banyak, Anda juga memerlukan banyak air. Anda juga memerlukan air untuk menurunkan suhu tubuh dan mengembalikan detak jantung ke detak normal.

Nah, itu dia tips mudah dan aman untuk Anda yang ingin memulai olahraga lagi setelah lama tidak olahraga. 


Artikel Menarik Lainnya..