Cantik : 6 Penyebab Jerawat Yang Tidak Disadari

Cantik : 6 Penyebab Jerawat Yang Tidak Disadari

Apa saja penyebab jerawat?
  •     Faktor keturunan atau genetik
  •     Hormon (biasanya menjelang menstruasi jerawat datang)
  •     Faktor makanan, terutama makanan berlemak
  •     Salah perawatan dan produk kecantikan
  •     Malas membersihkan wajah

Setidaknya lima hal itu adalah penyebab jerawat yang sering terjadi. Memang benar bahwa lima hal di atas bisa menyebabkan jerawat, namun saat semua hal di atas ternyata tidak Anda lakukan (selalu makan sehat, normal membersihkan wajah, tidak ada kosmetik yang diganti, tanggal menstruasi masih jauh) tapi kok jerawatan parah?

Dr. Ellen Marmur, seorang dermatologi mengatakan bahwa ada beberapa hal penyebab jerawat yang sering tidak disadari. Dilansir oleh seventeen.com, inilah beberapa penyebab jerawat yang dipaparkan dr. Ellen.

    Handphone Anda
 Ponsel atau handphone adalah benda yang sangat kotor, bahkan lebih kotor dibanding dudukan toilet. Walaupun tampaknya bersih, namun handphone mengandung banyak bakteri karena sangat sering Anda pegang. Maka usahakan Anda tidak menempelkan handphone terlalu lama di wajah, atau tidak pegang-pegang wajah setelah memegang handphone. Ingat, jerawat sering muncul dan meradang karena bakteri.
   
 Sarung Bantal
 Kapan terakhir kali mengganti sarung bantal? Sarung bantal sering diselimuti sel kulit mati, kotoran, sisa makeup, debu dan sebagainya. Hal ini diperparah jika Anda sering tidak membersihkan wajah sebelum tidur. Maka gantilah sarung bantal dan seprai secara teratur.
    
Tangan Anda Sendiri
 Tangan tampak bersih namun sebenarnya mengandung banyak bakteri dan kotoran. Hindari memegang-megang wajah dengan tangan, apalagi jika Anda sedang beraktivitas. Cuci tangan sebelum membersihkan wajah. Pastikan Anda hanya memegang wajah setelah mencuci tangan. Tangan juga harus bersih saat Anda mengaplikasikan kosmetik dan makeup.

    Produk Rambut

 Kadang punya poni memang keren, namun hal ini sering menimbulkan jerawat di bagian dahi akibat kulit yang terkena produk perawatan rambut. Jika Anda menemukan jerawat di garis rambut atau dahi (bagi pemakai poni), maka hentikan produk rambut yang sedang Anda pakai atau jepitlah poni Anda hingga tidak menutupi dahi. Bahkan kondisioner dan sisa shampo bisa menimbulkan jerawat di wajah Anda.
   
 Kurang Tidur
 Kurang tidur akan membuat tubuh Anda stres. Saat stres datang, disinilah jerawat bisa datang gila-gilaan di wajah dan bagian tubuh lain. Maka pastikan Anda tidur dengan teratur setidaknya 6 jam setiap hari. Tidur juga akan membuat kulit lebih bersinar karena terjadi regenerasi kulit selama tidur.
   
 Memencet Jerawat
 Memencet jerawat kadang dianggap sebagai cara yang benar untuk mengempeskan jerawat. Padahal seringkali cara ini dilakukan dalam kondisi tangan yang kotor, sehingga banyak kuman yang masuk ke pori-pori hingga membuat jerawat makin meradang dan parah. Kebiasaan ini juga bisa meninggalkan jaringan parut di kulit. Maka saat jerawat datang, serahkan pada salep atau krim pengempis jerawat.

Semoga artikel ini bisa membuat Anda menghindari hal-hal tak terduga yang bisa menyebabkan jerawat.


Artikel Cantik Lainnya