Kesehatan : Mari Naik Tangga Biar Sehat

Kesehatan : Mari Naik Tangga Biar Sehat
Kesehatan - Bukan suatu hal baru jika kesehatan tubuh lebih mahal dari apa pun. Jika Anda tidak sehat, Anda bisa bayangkan betapa sulitnya hidup dengan suatu penyakit. Namun sebenarnya banyak hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjaga kesehatan tubuh, apalagi jantung.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah naik tangga. Berdasarkan kutipan dari healthmeup.com, jika Anda ingin menjaga kesehatan dengan membakar banyak kalori, sekaligus latihan kardio dan menjalankan diet, maka naik tangga adalah salah satu caranya yang paling mudah.

Meski mungkin tampak sepele, namun naik tangga bisa jadi tantangan berat untuk sebagian orang. Bahkan banyak orang yang menghindari naik tangga dan lebih memilih naik lift agar bisa lebih mudah sampai di lantai atas. Naik tangga bisa membakar kalori paling tidak 8 kalori per menit dan semakin banyak tangga yang Anda naiki, akan semakin besar pula kalori yang dibakar.

Tidak perlu cepat-cepat atau terburu-buru sampai di atas. Anda hanya perlu berjalan menaiki tangga seperti biasa, dan hal ini sudah cukup baik memompa darah ke jantung dan menjadi latihan kekuatan dan kebugaran kardio atau jantung Anda. Naik tangga bisa disetarakan dengan aktivitas aerobik karena memberikan latihan keras sehingga berdampak pada sistem peredaran darah dan detak jantung.

Hal ini juga meningkatkan kekuatan otot kaki Anda dan memberi stamina lebih untuk berjalan. Anda bisa mulai dengan 25 langkah per hari dan secara bertahap meningkat menjadi 30, 35, 45 tangga dan seterusnya. Jangan membungkuk saat menanjak dan jangan pula memegang pagar saat naik.

Ini karena membungkuk akan membuat aktivitas naik tangga justru menjadi lebih berat dan memegang tangga akan mengurangi beban dan tantangan Anda menaiki tangga. Anda bisa membiasakan dulu dengan naik 25 tangga, dan saat Anda sudah tidak lagi terengah-engah saat naik 25 tangga, berarti tubuh Anda sudah terbiasa, saat itulah waktunya menambah beban menjadi 30 langkah tangga per hari dan seterusnya.

Anda juga bisa mencoba menaiki 2 anak tangga sekaligus karena itu bisa melatih otot paha depan dan otot pantat. Jadi, siap menaiki tangga setiap hari Ladies?


Artikel Kesehatan Lainnya