Kesehatan : Jenis Buah dan Sayur Yang Bisa Mencegah Kanker Payudara

Kesehatan : Jenis Buah dan Sayur Yang Bisa Mencegah Kanker Payudara

Kesehatan -  kita mulai kembali menjalani gaya hidup sehat. Menjalani gaya hidup sehat bisa membantu kita untuk jauh dari terkena berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker payudara. Kanker payudara memang menjadi salah satu momok terbesar yang sering menghantui wanita. Tapi tak ada gunanya merasa takut berlebihan karena ada cara pencegahan yang bisa kita lakukan. Cara apakah itu? Caranya adalah dengan mulai lebih selektif lagi dalam memilih makanan yang kita konsumsi.

Dilansir dari everydayhealth.com, ada beberapa jenis buah dan sayuran yang diyakini bisa mencegah kita terkena kanker payudara. Buah dan sayuran ini pun bisa dengan mudah kita temukan di pasar atau swalayan. Akan lebih baik jika anda mengonsumsi buah dan sayuran ini ketika kondisinya masih segar.

    Brokoli

    Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang paling populer disebut sebagai sayuran yang bisa mencegah kanker payudara. Bahkan penelitian juga menunjukkan bahwa brokoli bisa mencegah pertumbuhan tumor dan menghambatnya agar tak menyebar jadi kanker. Selain brokoli, sayuran lain yang dipercaya bisa mencegah kanker payudara antara lain kembang kol, kol, dan kale. Sangat disarankan untuk mengonsumsi sedikitnya satu jenis sayuran tersebut setiap harinya.
    
Apel
"An apple a day may keep breast cancer away." Mengonsumsi buah apel memang menyehatkan. Tapi ketika mengonsumsi buah apel, sebaiknya tak mengupas kulitnya. Jika kulit dikupas dan dibuang, maka sumber serat, anti oksidan, dan kandungan lainnya yang dibutuhkan untuk mencegah kanker bisa juga akan hilang. Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa kulit buah apel bisa mencegah penyebaran sel-sel kanker.

    Buah Delima (Pome)
    Sebuah studi biakan sel menyebutkan bahwa buah delima ini kaya akan kandungan yang dapat mencegah perkembangan kanker--khususnya kanker yang berkaitan dengan hormon estrogen. Dalam bentuk jus atau dimakan langsung, buah delima dapat dikonsumsi untuk mencegah munculnya kanker payudara. Selain itu, buah kanker juga dapat mencegah munculnya penyakit jantung dan kanker prostat.

  Buah Berwarna Kuning Menyala atau Oranye
 Wortel, buah blewah, dan ubi manis meruakan makanan yang kaya akan vitamin A yang dikenal sebagai karotenoid. Dan karotenoid sendiri merupakan satu dari kumpulan pigmen berwarna merah kuning atau merah tua, banyak terdapat pada lemak nabati dan lemak hewani. Buah dan sayuran yang memiliki warna oranye, merah, kuning, dan bahkan hijau tua dipercaya bisa mencegah kanker payudara.
 
  Buah Beri
 Stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry, selain rasanya enak, buah-buahan tersebut juga memiliki nutrisi anti kanker. Buah beri tersebut, khususnya blueberry, juga kaya akan vitamin, mineral, dan anti oksidan yang dapat mencegah kanker payudara.

Selain kelima jenis buah dan sayuran di atas, ada beberapa bahan makanan lain yang dipercaya bisa mencegah payudara kanker. Yaitu kunyit, bawang putih, kacang kedelai, teh hijau, dan flaxseed (biji atau benih dari buang flax). Memperhatikan makanan dan minuman yang kita konsumsi sangatlah penting untuk kesehatan tubuh dan mengurangi risiko terkena kanker payudara.


Artikel Kesehatan Lainnya