Kesehatan : Alasan membatasi Konsumsi Gula

Kesehatan : Alasan membatasi Konsumsi Gula
 Kesehatan - Banyak yang bilang bahwa makan terlalu banyak makanan bergula atau mengandung banyak gula adalah tiket utama Anda mengidap diabetes. Hal itu benar, namun ada beberapa penyakit lain yang juga berhubungan dengan konsumsi gula berlebih.

Seperti dikutip www.doctoroz.com, beberapa alasan perlu diungkapkan mengapa gula harus dibatasi konsumsinya, dan ini dia alasannya

1. Tekanan darah tinggi

Jangan kira orang dengan hipertensi hanya sensitif terhadap garam dan sodium, karena gula berlebihan juga tidak baik untuk penderita hipertensi. Orang yang terlalu banyak mengonsumsi gula, apalagi gula sederhana, lebih kemungkinan memiliki tingkat HDL atau kolesterol baik yang rendah.

Hal ini dapat menyebabkan peningkatan trigliserida, atau lemak jahat dalam darah. Hal ini justru berisiko menyumbat pembuluh arteri dan pembuluh darah, yang menjadi sebab penyakit jantung.

2. Kolesterol tinggi

Orang yang terlalu banyak mengonsumsi gula lebih mungkin untuk memiliki tingkat HDL, atau kolesterol baik, tingkat yang lebih tinggi dari LDL, atau kolesterol jahat, dan tingkat yang lebih tinggi trigliserida, atau lemak darah. Ini membantu arteri dan pembuluh darah, menyebabkan penyakit jantung.

3. Penyakit liver
Diet ketat sehingga tidak membiarkan sedikit gula pun masuk ke dalam tubuh diyakini malah akan memperburuk penyakit hati berlemak. Namun sebaliknya, terlalu banyak gula akan berefek buruk pada insulin dan mendorong lemak ke dalam sel-sel hati, yang menyebabkan peradangan dan jaringan parut pada hati, yang akhirnya menyebabkan penyakit sirosis.

Jadi konsumsi gula secukupnya, tidak terlalu banyak juga tidak terlalu sedikit. Untuk mengurangi konsumsi gula, ganti makanan dengan yang lebih alami seperti buah. Diet gula juga bisa dilakukan dengan mengurangi minuman bersoda, tidak banyak makan ice cream dan permen.



Ayo Baca Artikel Kesehatan Di Bawah Ini....