Kesehatan : Alasan Musik Sangat Baik Menemani Olahraga

Kesehatan : Alasan Musik Sangat Baik Menemani Olahraga
Kesehatan - Olahraga harus dilakukan dengan cara yang fun dengan perasaan yang senang dan baik. Jika Anda melakukan dengan terpaksa, maka olahraga biasa dilakukan dengan tidak maksimal. Nah, jika Anda memang suka berolahraga, biasanya Anda akan menemukan beberapa orang dengan earphone atau headphone di kepala mereka. 

Beberapa orang memang suka mendengarkan musik saat olahraga, dan tahukah Anda, seperti dikutip dari www.everydayhealth.com, sebuah penelitian menemukan bahwa mendengarkan musik akan mengalihkan perhatian terhadap rasa nyeri atau kelelahan sehingga daya tahan Anda terhadap olahraga lebih panjang dari biasanya. Beberapa manfaat lainnya antara lain,

Olahraga sambil mendengarkan musik, terutama musik upbeat, akan meningkatkan frekuensi latihan apalagi jika Anda mendengar musik yang Anda suka dan menikmatinya. Mendengar musik juga bisa meningkatkan mood lebih baik saat olahraga sekaligus memberikan semangat. 

Bersepeda dengan mendengar musik up beat juga membuat seseorang memberikan usaha lebih dan bersepeda lebih cepat daripada mendengar musik dengan tempo lambat. Hal ini akan memberikan hasil lebih baik dalam membakar kalori. Lagu dengan 120-140 beat per menit (bpm) akan memberi efek maksimum seakan Anda melakukan senam.

Musik bisa menjadi penyalur emosi. Jika Anda sedang kesal, maka mendengar musik bisa meredakan amarah atau rasa kesal. Anda bisa memilih lagu mana yang Anda suka dan berlari lah sambil mendengar musik, itu akan menenangkan emosi Anda.

Musik membuat Anda selalu ingin bergerak. Jika Anda mendengar musik, satu hal yang mungkin ada di benak Anda adalah bergerak. Ini juga yang menjadi alasan mengapa zumba, aerobik atau yoga mengikutsertakan musik sebagai pendukung dan bagian utama dari sesi olahraga.

Jadi, jika Anda sedang ingin jogging atau hanya olahraga santai sambil membersihkan rumah di akhir minggu, maka putar musik dan mulailah berolahraga Ladies.

Artikel Kesehatan Lainnya