kesehatan : Meningkatkan Nafsu makan

kesehatan - Memiliki nafsu makan yang besar tentu cukup merepotkan, terutama bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan Anda. Sulit sekali bagi anda untuk menahan keinginan merasakan berbagai makanan yang terlihat menggiurkan setiap kali melihatnya.

Sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi penyebab yang belum banyak diketahui atas naiknya nafsu makan seseorang. Anda harus berhati-hati dengan 4 hal seperti dilansir Womenshealthmag.com berikut ini.

AC
Saat musim dingin tanpa disadari Anda akan lebih banyak mengonsumsi makanan agar tubuh terasa hangat. Begitu pula dengan ruangan ber-AC, di cuaca dingin Anda akan memiliki keinginan yang lebih besar untuk makan. Hindari berada di ruang AC secara terus-menerus agar nafsu makan Anda tidak meningkat.

Obat-obatan
Beberapa obat-obatan, khususnya anti-depressant dapat meningkatkan nafsu makan Anda, meskipun reaksi obat pada setiap orang berbeda-beda. Tanyakan pada dokter Anda efek samping dari obat yang Anda konsumsi sehingga Anda mengetahui apa yang terjadi pada diri Anda. Meskipun kesehatan Anda lebih penting dari kenaikan nafsu makan yang menjadi efek samping, tetapi dokter Anda mungkin memiliki pilihan lain yang lebih 'aman' bagi Anda.

Suplemen
Obat dan suplemen dapat menimbulkan reaksi berbeda pada tiap orang. Beberapa herbal dan multivitamin dapat meningkatkan nafsu makan bagi beberapa orang. Perhatikan perubahan nafsu makan Anda setelah mengonsumsi suplemen tertentu.

Perubahan kebiasaan olahraga
Merubah kebiasaan olahraga untuk variasi agar tidak bosan dan selalu fresh boleh saja dilakukan. Tetapi, hati-hati dengan nafsu makan Anda, mengganti kebiasaan olahraga dapat menjadi penyebab meningkatnya nafsu makan Anda.

Jika nafsu makan Anda termasuk besar dan sulit menahan keinginan untuk makan. Sebaiknya jauhkan akses makanan tinggi kalori dari jangkauan Anda dan gantilah dengan aneka buah-buahan, sayuran, dan makanan sehat lainnya untuk menghilangkan rasa lapar Anda.

Artikel Kesehatan Lainnya