Kesehatan : Menu Sarapan Untuk Menurunkan Berat Badan

Kesehatan : Menu Sarapan Untuk Menurunkan Berat Badan
Kesehatan - Apa menu harian Anda saat sarapan Ladies? Anda mungkin memiliki pilihan menu yang berbeda-beda dan mungkin ada juga yang tidak terlalu suka sarapan karena terburu-buru berangkat kerja, kuliah atau memang sudah tidak terbiasa makan saat pagi hari.

Namun untuk mengontrol berat badan, ada yang bilang bahwa sarapan itu sangat penting. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang memulai hari mereka dengan sarapan terlebih dahulu, akan lebih sehat dan memiliki indeks massa tubuh lebih rendah daripada tidak sarapan. 

Efek sarapan bahkan lebih kuat pada perempuan dibandingkan laki-laki. Pernyataan ini ada benarnya, namun hal ini juga tergantung pada apa yang Anda makan saat sarapan. Seperti dikutip dari www.everydayhealth.com, bahwa pilihan menu sarapan atau tidak sarapan sama sekali malah akan membuat Anda merasa kelaparan dan mengakibatkan adanya lonjakan gula darah yang menyebabkan peningkatan berat badan.

Jika Anda sarapan, sebaiknya memilih beberapa bahan makanan yang sehat seperti misalnya

1. Telur
Sebuah penelitian menemukan bahwa orang antara usia 25-60 tahun mencoba menurunkan berat badan dengan sarapan 2 buah telur rebus setiap hari dan ternyata sebanyak 65% mampu menurunkan berat badan. 

Telur kaya nutrisi, terutama tinggi protein, dan sangat baik menyuplai energi tubuh sehingga dapat menahan dari rasa lapar. Namun pilihan ini tidak terlalu baik jika Anda sudah memiliki masalah kolesterol tinggi.  

2. Biji-bijian
Biji-bijian adalah sumber energi dan serat yang sangat baik jika dimakan saat sarapan. Anda bisa mengonsumsi oatmeal atau roti gandum karena memberikan efek kenyang lebih lama hingga delapan jam berikutnya setelah makan. Kurangi asupan susu berlemak tinggi dan bisa diganti dengan susu rendah lemak. 

3. Hindari makanan bergula
Saat sarapan, akan lebih baik jika Anda menghindari roti tawar, kue atau mungkin susu dan sereal manis. Gula berlebih sangat tidak baik dan menyebabkan rasa kantuk di pagi hari karena merupakan karbohidrat sederhana dan rendah serat. Hal ini juga lebih mudah menyebabkan Anda merasa lapar lagi dan ingin mengonsumsi lebih banyak makanan.

Tidak masalah jika Anda lebih suka sandwich atau hanya susu saat pagi hari, namun cukup hanya itu saja dan pastikan memberi lebih banyak sayur pada sandwich dan rendah lemak untuk susu. Anda juga bisa makan buah seperti alpukat atau pisang jika tidak suka telur atau oatmeal saat sarapan.

Artikel Kesehatan Lainnya