Kesehatan : Manfaat Jus Okra

Kesehatan : Manfaat Jus Okra
Kesehatan - Okra merupakan salah satu jenis sayuran yang memang bukan berasal dari Indonesia, namun akan sangat subur dan baik jika ditanam pada daerah tropis dan subtropis seperti negara Indonesia. Meski memang belum terkenal, namun sudah banyak yang berminat terhadap sayuran unik ini.

Bentuknya yang runcing, seringkali diibaratkan sebagai jari wanita. Itulah mengapa, okra sering juga disebut dengan Lady Finger. Seperti dikutip dari www.stylecraze.com, okra memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh sehingga bisa mengatasi beberapa penyakit, antara lain adalah

1. Anemia

Jika Anda mengalami anemia, maka makan sayur okra bisa membantu produksi trombosit atau sel darah merah. Ini karena okra mengandung vitamin A dan C sebagai antioksidan dan mineral berupa magnesium dan zat besi.  Selain itu, okra juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda agar tidak mudah terserang penyakit.

2. Radang tenggorokan dan batuk
Okra memiliki sifat antibakteri, dan antiseptik sehingga sangat baik membunuh virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan dan batuk yang mengganggu. Selain itu, okra juga kaya antioksidan sehingga dapat membantu menyembuhkan penyakit. Cukup minum jus okra sehari sekali untuk mendapat khasiatnya.

3. Diare dan sembelit
Jika Anda menderita diare atau sembelit, maka berarti Anda kekurangan serat untuk melancarkan pencernaan. Nah, okra merupakan sumber serat yang sempurna untuk mengatasi masalah pencernaan tersebut. Selain itu juga okra memiliki sifat antibakteri yang akan membunuh bakteri jahat dalam usus untuk meredakan sakit yang Anda derita.

4. Menurunkan kolesterol
Karena okra memiliki banyak serat yang larut, maka hal ini akan sangat membantu menyerap kolesterol yang ada di dalam usus. Dengan begini, secara otomatis juga mampu membersihkan usus dari lemak dan sampah sehingga menghindarkan Anda dari kolesterol tinggi.

5. Diabetes
Karena serat yang dimiliki okra sangat tinggi, rendah gula dan rendah kalori, okra sangat baik untuk penderita diabetes. Selain dapat menjaga kadar glikemik Anda, juga dapat menyerap kelebihan gula di dalam tubuh sehingga menurunkan kadar gula darah.

Jika Anda tidak suka makan okra mentah dengan cara di jus, maka Anda bisa memasaknya sebentar dengan cara ditumis atau dioseng dengan beberapa bumbu dapur. Jika Anda suka juga bisa dijadikan sup untuk membantu melegakan tenggorokan dan batuk, Ladies.



Artikel Kesehatan Lainnya...