Kesehatan : Tanda - tanda Tubuh Kekurangan Serat

Kesehatan : Tanda - tanda Tubuh Kekurangan Serat
Kesehatan - Bukan lagi rahasia bahwa serat adalah salah satu unsur penting dalam kesehatan manusia. Makan makanan berserat dapat membantu mengontrol berat badan dan melancarkan pencernaan. Namun masih banyak orang yang melupakan kebutuhan asupan serat sehari-hari. "Wanita seharusnya mengkonsumsi serat sekitar 25 gram tiap hari, tetapi rata-rata hanya memenuhi sekitar 15 gram saja," ujar Keri Gans, ahli gizi asal New York, dilansir oleh womenshealthmag.com.

Tanpa kita sadari, sebetulnya tubuh kita memberikan isyarat saat kekurangan serat lho. Seperti apa sinyal-sinyalnya?

    Jarang Buang Air (Besar Ataupun Kecil)
 
Banyak yang beranggapan sembelit adalah tanda kekurangan serat. Memang benar, tetapi sembelit adalah hal ekstrem yang terjadi. Jika Anda jarang buang air kecil dalam sehari, hal tersebut merupakan sinyal jika Anda kekurangan serat lho.

    Kolesterol TinggiKolesterol yang tinggi dapat disebabkan oleh kekurangan serat. Hal ini terjadi karena serat yang masuk dalam tubuh akan 'menggelontor' kolesterol dan mengeluarkannya bersama feses. Jika kekurangan serat, maka kolesterol sulit keluar dari tubuh

    Mudah Lapar

Serat dicerna lambat dalam tubuh sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama. Apakah Anda pernah merasa lapar setiap 45 menit atau 1 jam setelah makan? Bisa jadi hal ini penanda Anda kurang serat lho.

Tanda-tanda ini seringkali tak terlalu kentara. Jika Anda mengalami salah satu atau bahkan ketiganya, bisa jadi tubuh meminta Anda mengkonsumsi lebih banyak lagi serat. Anda bisa mendapatkan serat dari buah-buahan ataupun konsumsi biji-bijian dan gandum. Keep up your healthy life, Ladies.



Artikel Kesehatan Lainnya...