kesehatan : Manfaat Sehat Bunga Pisang

kesehatan : Manfaat Sehat Bunga Pisang
Kesehatan -  Ladies, di Indonesia, tidak heran jika Anda banyak menemukan pohon pisang, apalagi jika Anda pergi ke pedesaan, pasti sangat mudah menemukan pohon pisang. Pohon ini memang sangat mudah tumbuh di tanah yang lembab dan kering sekali pun. Kebanyakan orang pasti lebih mengacu kepada buahnya jika bicara soal 'bisa dimakan'.

Bukan hanya buah pisang saja yang bisa dikonsumsi Ladies, Anda pasti juga pernah mendengar bahwa Bunga pisang atau disebut juga dengan jantung pisang juga bisa dikonsumsi. Sudah banyak orang yang mengonsumsi bunga pisang sejak dahulu, namun penggunaannya masih belum populer seperti sayur lain.

Kandungan nutrisi bunga pisang berupa protein, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, tembaga, kalium, magnesium, dan vitamin E. Seperti dikutip dari www.stylecraze.com, ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari bunga pisang, antara lain adalah

1. Menyembuhkan infeksi

Salah satu fungsi sehat dari bunga pisang adalah mengobati infeksi. Ini karena bunga pisang mengandung etanol serta mampu menghambat pertumbuhan bakteri patogen, bahkan kandungan senyawa dalam bunga pisang juga mampu menyembuhkan luka. Sebuah penelitian bahkan membuktikan bahwa ekstrak bunga pisang mampu menghambat pertumbuhan parasit malaria meski penelitian belum dilanjutkan. 

2. Mengurangi aktivitas radikal bebas

Radikal bebas bisa merusak fungsi kerja organ karena proses oksidasi menyebabkan penuaan pada sel-sel tubuh. Namun estrak metanol dalam bunga pisang memiliki sifat antioksidan sehingga sangat baik menangkal radikal bebas dan memperbaiki sel-sel dalam tubuh.

3. Mengatasi diabetes dan anemia

Jika Anda menderita diabetes, makan bunga pisang yang direbus dan dimakan begitu saja bisa sangat baik menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Ini karena serat yang dikandung bunga pisang cukup tinggi dan mengandung zat besi yang dapat membantu produksi sel darah merah.

4. Mengurangi pendarahan saat menstruasi dan meningkatkan mood

Jika Anda sering mengalami kram perut saat menstruasi atau mengalami PMS dengan emosi yang tidak stabil, maka konsumsi bunga pisang juga sangat bagus menstabilkan emosi dan mengurangi nyeri datang bulan.

Hal Ini dikarenakan bunga pisang yang direbus memiliki kemampuan mengatur hormon progesteron sehingga dapat mengurangi pendarahan menyakitkan. Selain itu juga mengandung magnesium yang mampu mengurangi kecemasan dan meningkatkan mood yang baik.

5. Membantu memperlancar air susu ibu

Jika Anda sedang menyusui, bukan hanya daun katuk saja yang bekerja baik dalam memperbanyak ASI. Anda juga bisa mengonsumsi bunga pisang untuk melancarkan air susu ibu.

Jadi, jika kebetulan pergi ke pasar tradisional dan menemukan bunga pisang, jangan ragu untuk membelinya dan mengolahnya sendiri di rumah ya Ladies.

Artikel Kesehatan Lainnya...