Kesehatan : Hindari Makanan yang mengurangi Kepadatan Tulang

Kesehatan : HIndari Makanan yang mengurangi Kepadatan Tulang
Kesehatan - Tulang, meski mungkin terlihat seperti benda mati, namun merupakan organ penyangga tubuh satu-satunya yang sangat penting dijaga kesehatannya. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tulang adalah dengan menjaga kepadatannya dengan banyak makan makanan bernutrisi.

Namun ada juga makanan yang bisa mengurangi kepadatan tulang yang nantinya bisa berakibat pada pengeroposan tulang. Hal ini bisa terjadi jika Anda sedang melakukan diet tertentu Ladies. Nah, seperti dikutip dari www.everydayhealth.com, Anda perlu menghindari hal-hal ini

1. Terlalu banyak konsumsi protein

Jika Anda melakukan diet Dukan, Anda pasti diharuskan makan makanan kaya protein dan menghindari segala makanan yang mengandung pati atau karbohidrat. Hal ini memiliki kekurangan dan sayangnya Anda jadi berisiko mengalami osteoporosis.

Anda memang membutuhkan protein untuk membangun tulang yang kuat, tetapi ketika Anda makan terlalu banyak protein, tubuh jadi memproduksi bahan kimia yang disebut sulfat yang dapat memicu kalsium keluar dari tulang. Hal ini terutama terjadi ketika Anda banyak makan protein hewani.

2. Minuman berkafein

Jelas Anda yang sibuk dengan banyak pekerjaan akan sangat bergantung dengan kopi. Namun seperti yang Anda tahu bahwa terlalu banyak konsumsi kafein sangat tidak baik untuk tubuh. Apalagi jika Anda memang pecinta kopi dan bisa minum lebih dari 3 cangkir per hari.

Bahkan para peneliti menemukan bahwa wanita yang minum 330 miligram kafein atau setara dengan sekitar empat cangkir kopi lebih dalam sehari bisa memiliki peningkatan risiko patah tulang. Para peneliti menyimpulkan bahwa cola dan minuman diet juga termasuk yang mampu mereduksi kalsium tulang pada wanita dan mungkin melibatkan bukan hanya kafein, tetapi fosfor dalam cola juga.

3. Vitamin A atau Retinol

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi vitamin A dalam dosis lebih dari 3000 mikrogram (mcg) per hari bisa memiliki dua kali lipat kemungkinan menderita patah tulang pinggul daripada wanita yang mengonsumsi vitamin A 1.500 mcg atau kurang per hari.

Jadi, jika Anda ingin tetap sehat, konsumsi makanan dalam porsi yang cukup saja ya Ladies agar tidak berpengaruh pada kesehatan organ tubuh lain.  


Artikel Kesehatan Menarik Lainnya