Kesehatan : Mengetahui tentang Gluden

Kesehatan : Mengetahui tentang Gluden
Kesehatan - Beberapa orang mungkin memiliki alergi tertentu terhadap beberapa makanan seperti misalnya alergi udang, kacang atau bahkan gluten, namun ada juga yang tidak punya alergi terhadap makanan apa pun. Beberapa orang yang alergi gluten tentu saja harus menghindari makanan yang mengandung gluten.

Namun apa sebenarnya maksud dari gluten? Nah, berdasarkan news.health.com, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang gluten, antara lain adalah

1. Gluten adalah protein

Gluten adalah sejenis protein alami yang ditemukan dalam gandum dan berbagai macam jenis gandum lain seperti barley dan rye. Namun ada juga beberapa produk olahan yang juga mengandung gluten seperti salad dressing semacam mayonaise, bumbu dan bahkan lip balm. Beberapa makanan lain yang mengandung gluten adalah makanan yang menggunakan bahan tepung terigu.

2. Gluten tidak selalu ada pada semua biji-bijian
Meski memang gluten paling banyak ditemukan pada biji-bijian, namun tidak semua biji mengandung gluten. Beberapa di antaranya seperti beras, jagung, bayam, mi soba, sorgum, dan gandum yang belum diproses. Makanan free-gluten juga masih sangat baik untuk kesehatan karena juga memiliki nutrisi lengkap.

3. Makanan free-gluten masih jarang di Indonesia
Jika Anda memang mengalami alergi gluten, maka Anda mungkin agak kesulitan jika membeli makanan di supermarket, karena masih belum banyak makanan yang menggunakan label free-gluten atau bebas gluten.

Jadi Anda harus cukup selektif memilih makanan di pasar. Terkadang bahan makanan yang sebenarnya free gluten menjadi tidak free gluten karena telah mengalami berbagai macam pemprosesan dan dikemas sedemikian rupa.

4. Hindari makanan gluten juga baik untuk yang sehat

Bahkan jika Anda tidak memiliki masalah gluten, atau mengalami penyakit Celiac, Anda masih mungkin untuk disarankan menghindari gluten. Karena terlalu banyak gluten dalam tubuh juga sangat tidak baik. Orang dengan Celiac sangat mungkin mengalami kembung atau sakit perut jika makan makanan mengandung gluten. 

5. Menghindari gluten harus diimbangi dengan makan-makanan bergizi

Jika Anda memutuskan untuk hanya mengonsumsi makanan free-gluten, maka Anda harus mengimbangi dengan banyak makan buah dan sayur. Anda mungkin tidak akan mendapatkan beberapa gizi dari makanan yang Anda hindari, untuk itu, makanlah dari buah dan sayur untuk mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan.

Jadi, jika Anda punya masalah dengan gluten atau alergi gluten, maka Anda bisa menghindari makanan apa saja yang mengandung gluten dan mengetahui lebih jauh tentang bahan yang perlu Anda hindari ini Ladies.


Artikel Kesehatan Menarik Lainnya