Kesehatan : Jenis makanan Vegetarian untuk Diet

Kesehatan : Jenis makanan  Vegetarian untuk Diet
Kesehatan - saat ini tren gaya hidup sehat sedang marak diterapkan oleh banyak orang, dan banyak wanita yang sudah sadar akan kesehatan tubuh mereka. Ada banyak tren kesehatan yang bisa diterapkan, termasuk juga vegetarian.

Jika Anda sudah mengetahui, Anda mungkin sudah mengenal jenis vegetarian seperti lacto-vegetarian, lacto-ovo vegetarian, dan vegan. namun ternyata ada beberapa jenis vegetarian lagi yang ternyata menjadi terkenal karena cukup banyak artis yang menerapkannya.

Seperti dikutip dari www.everydayhealth.com, jenis vegetarian yang juga banyak diminati tersebut antara lain adalah

1.  Semi-vegetarian
Ada kelompok vegetarian yang menyebut diri mereka sebagai penganut semi-vegetarian. Semi-vegetarian sebenarnya tidak memiliki definisi standar yang jelas. Mereka menggunakan istilah tersebut untuk menjelaskan kebiasaan pola makan mereka. Semi-vegetarian biasanya makan buah dan sayur serta berbagai makanan vegetarian, namun sesekali juga makan daging.

2. Raw food diet

Beberapa orang vegetarian juga suka dengan kebiasaan makan makanan mentah, dan mereka menyebutnya dengan istilah raw food diet. Mereka akan makan apa pun seperti buah dan sayur yang tidak dimasak.

Kebanyakan mereka hanya makan sayur dan buah, namun ada pula yang makan daging mentah seperti ikan. Meski memang pada akhirnya mereka mendapat nutrisi lengkap dan fresh, namun hal ini juga memiliki risiko kesehatan seperti keracunan makanan, dan terserang berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, jika Anda menerapkan diet ini, harus dipastikan bahwa apa yang Anda makan itu bersih. 

3. Fruitarian diet
Dari namanya saja, Anda pasti sudah bisa menebak diet seperti apa ini. Buah merupakan makanan utama untuk fruitarian diet. Secara harfiah, memang mereka hanya makan buah, namun cara diet ini cukup jarang pengikutnya dan dokter juga tidak begitu menyarankan cara diet ini karena Anda akan mudah lapar dan tidak mendapat nutrisi lengkap. Anda masih sangat membutuhkan banyak nutrisi untuk bisa sehat.

Yang perlu Anda perhatikan dan terapkan adalah diet yang cocok dengan kondisi tubuh Anda. Anda bisa saja menjadi vegetarian jika tidak merasa keberatan dan jangan perah memaksakan diri dengan apa yang sebenarnya tidak mampu Anda lakukan . Karena itu malah memicu stress dan menghambat penurunan berat badan Anda.

Artikel Kesehatan Menarik Lainnya