Kesehatan : Membakar Lemak Dengan Latihan Zumba

Kesehatan : Membakar Lemak Dengan Latihan Zumba
Kesehatan - Ladies, wanita mana yang tidak senang ketika mendapat pujian langsing dan ramping? Semua wanita pasti menyukainya. Salah satu cara agar Anda bisa mendapatkan tubuh yang langsing dan bugar adalah dengan olahraga. Olahraga sendiri memiliki banyak macam dan jenisnya dan Anda tinggal memilih mana yang Anda suka.

Nah, salah satu olahraga yang baru-baru ini juga cukup diminati di kalangan masyarakat terutama para wanita adalah Zumba. Seperti dikutip dari www.everydayhealth.com, olahraga ini termasuk dalam olahraga aerobik yang kabarnya mampu memberikan latihan optimal untuk gerak tubuh dan pembakaran kalori serta lemak yang menumpuk.

Gerakan aerobik zumba
sebenarnya terinspirasi dari gerakan dansa Latin seperti samba, merengue, dan salsa. Zumba menggunakan gerakan berulang dan ritmis menggunakan otot-otot besar tubuh. Hal ini secara perlahan akan meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan aliran darah serta oksigen ke tubuh.

Zumba, seperti kebanyakan latihan atau olahraga, juga diawali dengan pemanasan dan gerakan inti serta gerakan pendinginan yang semuanya terangkai dalam waktu sekitar 1 jam atau 60 menit penuh. Manfaat nyata yang bisa Anda dapatkan dengan rutin berlatih zumba antara lain adalah

1. Latihan interval, yang sangat baik untuk kardio atau kesehatan jantung. Irama yang berulang dan semakin cepat seperti pada tarian salsa, hip hop, cha-cha, dan bahkan perut juga menari sehingga Anda bisa sekaligus mengencangkan otot perut.

2. Pembakaran kalori. Selain untuk latihan kardio, zumba juga diketahui sangat baik dalam membakar kalori dan lemak dalam tubuh sehingga sangat cocok untuk Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. Zumba bahkan dapat membakar kalori sebanyak 450 kalori dalam satu jam.

3. Latihan otot inti.
Latihan zumba berpusat pada pelatihan otot-otot perut, punggung, pantat, dan kaki bagian atas, yang merupakan otot inti. Latihan otot ini sangat penting untuk stabilitas tulang belakang dan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Jadi, jika Anda ingin mencoba olahraga lain yang menantang namun tetap fun, maka zumba bisa dijadikan pilihan Ladies.


Artikel Kesehatan Menarik Lainnya