Kesehatan : Tips Memilih Bra Untuk Kesehatan Payudara

Kesehatan : Tips Memilih Bra Untuk Kesehatan Payudara
Kesehatan - Menggunakan bra tidak hanya sekedar untuk menutup payudara saja. Begitu pula dengan memilih bra, jangan hanya melihat dari segi bagus tidaknya bra. Selain faktor kenyamanan, Anda juga harus mempertimbangkan segi kesehatan payudara. Oleh karena itu, yuk simak tips dari dokter tentang memilih bra!

Seperti yang dijelaskan dr. Tri Aria Wibowo dari MeetDoctor.com, memilih bra yang dilakukan keliru atau sekadar digunakan sebagai penutup payudara saja, hal ini dapat menyebabkan payudara menjadi kendur, turun serta bentuk volume payudara kiri dan kanan tampak berbeda. Untuk mencegah hal ini terjadi, berikut beberapa tips memilih bra yang tepat agar payudara memiliki bentuk serta volume yang baik:
  • Mengukur payudara Anda sebelum membeli bra. Ukurlah dada atas, dada bawah dan ketinggian puting payudara Anda guna untuk memposisikan payudara di posisi yang benar.
  • Setelah diukur dan mendapatkan bra yang sesuai, ukur kembali setelah 8 bulan pemakaian, ukuran payudara setelahnya cenderung berubah.
  • Memilih cup yang ukurannya pas, tidak terlalu besar dan kecil. Jika terlalu besar akan membuat payudara turun, jika terlalu kecil akan membuat payudara melebar.
  • Tali bra harus sesuai dan pas menurut ukuran sehingga bisa menopang payudara dengan baik. Anda juga perlu memperhatikan ketebalan busa yang ada di dalam bra agar tidak terlalu tebal karena akan mempengaruhi kelembaban suhu didalam bra.
  • Untuk sayap bra (bagian belakang), pilihlah lebar sayap yang disesuaikan dengan kondisi beban payudara di depan. Pastikan ukuran bra pas dengan ukuran lingkar badan untuk meningkatkan kenyamanan saat mengenakannya.
  • Memilih bahan yang non alergenik (tidak menimbulkan alergi) , nyaman di kulit dan menyerap keringat seperti katun
  •   Usahakan mengganti bra minimal dua kali sehari, karena kesehatan payudara dan kebersihan bra juga perlu di perhatikan.

Artikel Kesehatan Lainnya