Kesehatan :7 Teknik Praktis Menjaga Kesehatan

Kesehatan :7 Teknik Praktis Menjaga Kesehatan
Kesehatan - Banyak sekali teknik dan metode yang bisa digunakan untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh. Tapi sudahkah Anda benar-benar mengikuti teknik dan metode untuk mendapatkan tubuh yang sehat? Kita pasti sudah tahu banyak tips untuk menjaga kesehatan, tapi sangat jarang sekali kita mengikutinya karena tips-tips tersebut terlalu rumit dan ribet untuk dipraktekkan.bisa juga karena terlalu malas untuk mengikuti tips-tips tersebut?
 
Agar Anda tidak malas lagi dalam  menjaga kesehatan tubuh, Anda bisa mengambil langkah awal dengan mengikuti tujuh teknik praktis yang dilansir dari huffingtonpost.com berikut ini.

1. Minum Kopi Supaya Tidur Lebih Nyaman

Dalam sebuah penelitian di Jepang yang meneliti tentang bagaimana orang-orang bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, disimpulkan bahwa orang-orang yang melakukan "coffee nap" bisa tidur lebih nyenyak dan merasa lebih segar ketika bangun sheingga bisa melakukan ujian komputer dengan lebih baik dibandingkan orang-orang yang tidak melakukan "coffee nap".

Apa itu "coffee nap"? "Coffee nap" ini adalah kita mengonsumi 200 mg kafein (sekitar satu hingga dua cangkir kopi) lalu langsung tidur selama 20 menit. Setelah waktu 20 menit, kafein biasanya akan langsung bekerja dan membersihkan otak dari sebuah molekul yang bernama adenosina, sehingga kita akan merasa lebih segar dan terjaga setelah melakukan "coffee nap".

Allen Towfigh, M. D., seorang medical director dari New York Neurology & Sleep Medicine mengungkapkan bahwa ketika kadar adenosina naik, kita akan merasa sangat pusing. Dan ketika tidur (yang bisa menurunkan adenosina) dikombinasi dengan asupan kafein yang memiliki fungsi sebagai adenosine-blocker, maka kita bisa mendapatkan manfaat terbesarnya.

2.
Setelah Makan  Jangan Langsung  Gosok Gigi
Setelah makan atau minum, jangan langsung menggosok gigi, apalagi jika Anda baru mengonsumsi makanan yang mengandung asam seperti tomat, buah jeruk dan soda. Makanan dan minuman asam tersebut bisa melunakkan email gigi, seperti yang diungkapkan oleh Howard R. Gamble dari Academy of General Dentistry. Gamble menyarankan untuk baru menggosok gigi 30-60 menit setelah makan atau minum.

3. Dinginkan Tubuh dengan Minuman Panas/Hangat

Ketika cuaca panas dan keringat bercucuran, minuman apa yang akan Anda pilih: es kopi atau kopi panas? Dua penelitian baru-baru ini menyarankan untuk memilih pilihan yang kedua. Kenapa? Karena dengan meminum minuman panas atau hangat, tubuh kita akan merasakan adanya perubahan suhu tubuh. Akibatnya produksi keringat akan meningkat. Saat keringat sudah keluar dari pori-pori kulit, maka tubuh kita akan dingin dengan sendirinya.

4. Saat Merasa Lelah Segeralah Olah raga
Setelah bekerja dan beraktivitas seharian, kita pasti akan merasa malas untuk melakukan aktivitas lain apalagi olahraga. Tapi justru dengan berolahraga, tubuh kita jadi terasa lebih bertenaga. Rasa pusing, depresi, atau suasana hati yang memburuk bisa hilang ketika kita melakukan olahraga ringan sekitar 30 menit.

Mark Nutting, fitness director dari SACO Sport & Fitness di Saco, Maine, menjelaskan bahwa kita selalu butuh oksigen untuk melakukan semua aktivitas. Jadi ketika kita berolahraga, kita malah membantu tubuh kita untuk bekerja lebih efisien dan tidak mudah merasa lelah.

5.
Meningkatkan Kemampuan Otak dengan Menulis (Bukan Mengetik)
Saat sedang menulis menggunakan pena dan kertas, maka otak kita akan memproses atau mencerna informasi dengan lebih baik. Menurut penelitian dari Indiana University, kita akan lebih mudah mengingat informasi jika kita menuliskannya langsung.

6.
Saat Lelah Hindari minum Minuman Berenergi
Minuman berenergi mengandung kalori lima kali lebih banyak daripada kopi. Dan efek samping dari minuman berenergi bisa membuat tubuh merasa tidak nyaman seperti detak jantung yang cepat, rasa gugup berlebih, dan mudah tersinggung. Belum lagi dengan kandungan taurina dalam minuman berenergi yang tinggi. Kandungan gula yang berlebih dalam minuman berenergi bisa meningkatkan kadar gula darah untuk sementara waktu, tapi kemudian langsung menurun drastis yang membuat kita malah merasa kelelahan.

7.
untuk Mengurangi Stres luangkan Waktu untuk Menyendiri
Elizabeth Lombardo, Ph. D., penulis Better Than Perfect: 7 Strategies to Crush Your Inner Critic and Create a Life You Love menyarankan agar kita punya waktu untuk menyendiri. Ketika sendiri, kita bisa berpikir lebih jernih dan pada akhirnya kita bisa mengenal diri kita lebih baik lagi.

Menurut Elizabeth, waktu untuk menyendiri bisa membuat kita lebih mudah menyelami diri sendiri dan mengurangi stres atau rasa gugup. Beberapa alternatif kegiatan menyendiri yang bisa dilakukan antara lain meditasi, jalan-jalan santai, duduk di kafe, mengamati orang lain, hingga membersihkan lemari.

Menjaga kesehatan tubuh dan pikiran memang butuh kedisiplinan diri. Membangun kedisiplinan pun butuh waktu dan terkadang terasa sangat sulit. Dan salah satu cara untuk membangun kedisiplinan itu adalah dengan mencoba teknik-teknik praktis seperti yang sudah diuraikan di atas.


Artikel Kesehatan Menarik Lainnya